News Release

Tekad Perkuat Dominasi Industri, Jajaran TV Premium LG Hadir Bawa Teknologi Terkini

SEOUL, Jan. 11, 2021 — Membawa serta jajaran TV kelas premiumnya pada pameran tahunan industri elektronik consumer, CES® 2021, LG menunjukkan tekad untuk memperkuat dominasinya pada industri TV. Memperkenalkan berbagai inovasi teknologi TV didalamnya, jajaran ini dipimpin OLED 48C1 sebagai pemenang penghargaan CES® 2021 Best of Innovation Award yang bersanding dengan TV LG lain yang juga menyabet penghargaan lain.

“Komitmen kami untuk meningkatkan standar industri dan meningkatkan nilai bagi konsumen terlihat jelas dalam jajaran TV OLED LG 2021,” kata Park Hyoung-sei, presiden LG Home Entertainment Company. “Menampilkan LG OLED evo, teknologi panel kami yang paling canggih, TV OLED terbaru kami berada di liga mereka sendiri, memberikan tingkat pengalaman menonton lain yang kami rasa percaya diri untuk mengatakan tidak ada duanya,” ujarnya lagi.

Termasuk dalam pembaruan pada jajaran TV premiumnya ini, LG membekalinya dengan panel OLED baru. Disisi lain LG juga memperkenalkan struktur panel LCD canggih yang menggabungkan teknologi warna Quantum NanoCell dengan backlight mini LED yang meningkatkan akurasi warna dan kontras lebih baik.

Memperkuat dari sisi kepintaran dan kenyamanan, LG membekali jajaran TV premium terbarunya ini dengan versi terbaru prosesor berbasis Artifical Intelligence (AI) berikut dengan platform webOS yang didesain ulang dengan tampilan yang baru.

Bicara terkait jajaran TV OLED LG di tahun 2021, perusahaan menyatakan koleksinya ini mewakili rangkaian TV OLED terlengkap dari perusahaan hingga saat ini dengan model baru yang hadir dalam ukuran lebih besar. Khusus pada OLED seri G1, LG menghadirkan fitur OLED evo yang dikatakan menjadi langkah selanjutnya dalam evolusi teknologi TV OLED. Teknologi ini memberikan luminositas lebih baik untuk kecerahan lebih tinggi dan   gambar dengan kejernihan, detail dan realisme yang lebih baik.

Sementara dari sisi ketersediaan dimensi layar, OLED LG di tahun ini menawarkan lebih banyak pilihan daripada sebelumnya. Seri LG C1 menawarkan beragam pilihan ukuran dari versi 48 inci yang disukai para gamer hingga model 83 inci. Disamping itu, LG memperkenalkan Gallery Stand2 yang menjadi alternatif menarik untuk dudukan OLED Gallery Design yang ramping dan rata ke dinding.

Menjadi pengembangan dari versi sebelumnya, prosesor cerdas terbaru LG, α (Alpha) 9 Gen 4, prosesor terbaru yang memperkuat jajaran TV premium ini  memanfaatkan deep learning untuk meningkatkan konten dengan kualitas apa pun tertampil sempurna dalam layar besar. Hal ini berkat keberadaan fitur AI Picture Pro yang mengenali objek pada layar seperti wajah dan badan serta kemampuannya membedakan antara latar depan dan latar belakang. Prosesor ini mampu memproses setiap objek secara independen untuk membuat gambar lebih tiga dimensi.

 Disamping itu, dengan kemampuannya mendeteksi genre konten, prosesor α9 Gen 4 semakin mengoptimalkan kualitas gambar, jumlah cahaya dalam suasana, dan kondisi nuansa di berbagai lingkungan tampilan. Dengan kemampuan utamanya ini, prosesor LG AI α9 Gen 4 mengubah kinerja model TV OLED LG terbaru dalam seri Z1, G1 dan C1, model TV LED Mini LG QNED QNED99 dan QNED95 dan model TV LG NanoCell NANO99 dan NANO95.

 Tak cuma soal visual, prosesor ini menggabungkan versi baru dari AI Sound Pro LG yang menawarkan dua tambahan utama. Pencampuran suara surround 5.1.2 virtual memberikan pengalaman audio yang sangat imersif melalui speaker internal TV dan Auto Volume Leveling yang memastikan konsistensi tingkat lantang bunyi saat beralih antar saluran atau aplikasi streaming.

Bagi peningkatan kenyamanan penggunaan, jajaran TV terbaru LG ini menawarkan pengalaman pengguna yang intuitif berkat platform smart TV webOS 6.0. Menjadi pembaruan dari versi platform sebelumnya, webOS 6.0 menyediakan akses lebih cepat ke aplikasi dan kemampuan penemuan konten lebih sederhana dengan rekomendasi yang lebih dipersonalisasi. Hadir berpasangan dengan Magic Remote yang memiliki tombol pintas untuk mengakses penyedia konten populer, webOS baru LG menawarkan kepada pengguna kemampuan untuk lebih mudah mengontrol dan menavigasi TV LG.

Bicara mengenai kualitas gambar, LG pun memberi peningkatan dalam teknologi self-lit pixels pada panel OLED terbarunya. Pada TV OLED terbaru tahun 2021, layarnya mampu menawarkan warna hitam sempurna yang telah disertifikasi memiliki ketepatan warna 100 persen oleh lembaga pengujian Intertek. Menemani warna dan kontras ini, hadir Dolby Vision IQ dan Dolby Atmos® untuk membawa pengalaman menonton ke tingkat lebih tinggi.

Disisi lain, LG juga membangun TV OLED untuk menjawab kebutuhan gamer baik berbasis konsol maupun PC. Hal ini tampak seperti pada bekal fitur Game Optimizer bersama dengan response time 1 milisecond dengan input lag rendah dan empat port yang mendukung spesifikasi HDMI terbaru.

Keberadaan fitur Game Optimizer tak hanya memungkinkan pengguna mengakses semua pengaturan terkait game di satu tempat yang nyaman, namun pula secara otomatis menerapkan pengaturan gambar terbaik sesuai dengan genre permainan. Selain itu, TV OLED LG juga didukung kemampuan G-SYNC® Compatible, FreeSync™ Premium dan memiliki fitur Variable Refresh Rate (VRR) yang semuanya berada dalam Game Optimizer. Kelengkapan Game Optimizer ini juga akan dapat ditemui pada QNED Mini LED dan NanoCell TV.

Pada koleksi terbarunya ini terlihat LG menambah jumlah model TV yang akan mendukung fitur HDMI 2.1 pada tahun 2021 dengan kelengkapan enhanced audio return channel (eARC) dan automatic low latency mode (ALLM) yang didukung di seluruh jajaran produk. LG QNED90 Mini LED, NANO90 dan NANO85 NanoCell TV juga akan mendukung variable refresh rate (VRR) untuk pengalaman luar biasa bagi penyuka game.

 Panel yang digunakan dalam jajaran TV OLED 2021 juga telah disertifikasi Societe Generale de Surveillance (SGS) yang berbasis di Swiss sebagai memiliki dampak lingkungan yang minimal, memancarkan polutan udara yang dapat diabaikan, menggunakan zat yang lebih tidak berbahaya dan sangat dapat didaur ulang. Menurut hasil evaluasi SGS, panel TV OLED LG mengurangi emisi senyawa organik yang mudah menguap (VOC) lebih dari 50 persen dibandingkan dengan panel TV LCD dengan ukuran sama.

Disisi lain, TV OLED LG juga nyaman dipandang, tanpa mengurangi kualitas gambar. Selain pengakuan memiliki blue light lebih rendah dari TÜV Rheinland dan sertifikasi flicker free dari Underwriters Laboratories, TV OLED LG menggunakan panel TV bersertifikasi Eyesafe pertama di dunia yang memenuhi persyaratan emisi blue light rendah dari Eyesafe, badan standar kesehatan yang berbasis di Amerika Serikat. Fakta pengujian menunjukkan bahwa TV OLED LG memancarkan cahaya biru (blue light) sekitar 50 persen lebih sedikit daripada panel TV LCD premium berukuran serupa.

Bersama dengan jajaran TV premiumnya, LG juga memperkenalkan soundbar terbaru yang juga mewakili pendekatan manufaktur yang sadar lingkungan. Bagian luar soundbar terbuat dari bahan daur ulang sementara kemasannya dirancang untuk melindungi tanpa menggunakan blok busa polistiren.

Share Article :
POP