News Release

LG MAGNIT, Micro LED Pertama LG Yang Bakal Jadi Standar Baru Teknologi Media Penampil Komersial

Micro LED

SEOUL, 10 Sept. 2020LG Electronics (LG) mengumumkan kesiapan perusahaan meluncurkan produk media penampil digital dengan nama LG MAGNIT. Berbasis teknologi Micro LED sebagai teknologi terbaru dalam media penampil bagi penggunaan kepentingan komersial, kehadirannya bakal menjadi standar baru teknologi media penampil komersial.

“Dengan kombinasi kualitas gambar superior, kemampuan layar untuk menyesuaikan kebutuhan besar dan pengaturan yang nyaman, LG MAGNIT adalah solusi micro LED digital signage yang hebat untuk berbagai ruang komersial dan publik,” ujar Paik Ki-mun, Senior Vice President yang sekaligus kepala unit bisnis Information Display pada LG Electronics Business Solutions Company. Lebih lanjut ia menyatakan, peluncuran LG Magnit akan segera dilakukan simultan mulai pekan depan. Negara yang termasuk pasar kunci LG di Amerika, Eropa, Asia dan Timur Tengah akan menjadi ditetapkan menjadi tujuan pertama produk ini.

Sebagai sebuah teknologi, micro LED merupakan langkah evolusioner dalam industri media penampil. Hal yang menjadi pembeda dari teknologi sebelumnya, micro LED mengandalkan piksel berskala mikrometer yang memancar sendiri dan diterapkan langsung ke papan substrat. Terapan inilah yang kemudian membuatnya mampu menghadirkan gambar lebih tajam dengan peningkatan kontras dan keluasan sudut pandang.

Tak hanya mengandalkan teknologi inti berupa layar micro LED, LG juga memasang teknologi Black Coating yang diterapkan pada bagian depan layar. Selain berfungsi untuk peningkatan kontras dan akurasi warna lebih baik, lapisan ini juga dirancang untuk meningkatkan perlindungan piksel LED yang berukuran sangat kecil tersebut dari kelembapan, debu serta dampak dari lingkungan lainnya. Ditambah lagi, LG Black Coating juga mampu meminimalisir tingkat pantulan sinar dari lingkungan yang mengganggu sekaligus membuatnya lebih mudah untuk menghilangkan noda.

Selain kualitas gambar, hadirnya LG MAGNIT juga menawarkan kemudahan dalam pemasangan dan konfigurasi. Hal ini karena panel micro LED sebagai penyusun layarnya berbentuk kabinet dengan dimensi 600 x 337.7 x 44.9mm. Tingkat presisi tinggi memungkinkan teknisi untuk melakukan pemasangan dengan cepat dan menyusunnya hingga membentuk besar layar sesuai yang diinginkan.

Keterhubungan antar kabinet micro LED untuk mengirim dan menerima sinyal pun tak lagi membutuhkan keruwetan pemasangan kabel diantaranya. Berkat teknologi non-contact connector LG, daya antar kabinet micro LED dialirkan melalui konektor pin yang terletak di tepian penghubung antar kabinet tersebut. Manajemen kabel dalam pemasangan pun menjadi lebih sederhana dengan hanya beberapa kabel pada bagian belakang untuk menghubungkan kabinet ke pengontrol sistem dan sumber listrik.

Superiornya LG MAGNIT dalam hal reproduksi gambar dengan resolusi 4K, kemampuan untuk mendapatkan besar layar sesuai kebutuhan serta kemudahan dalam pemasangan inilah yang dikatakan bakal membuat micro LED pertama LG ini menjadi solusi ideal bagi kebutuhan media penampil untuk kepentingan komersial maupun ruang publik. Termasuk didalamnya yaitu penggunaan pada pusat konvensi, lobi perusahaan dan hotel, butik mewah, studio siaran, ruang kontrol, ruang pameran hingga museum.

Namun demikian, lebih lanjut LG menyatakan, micro LED ini juga serbaguna sangat ideal untuk konsumen lapisan atas yang mencari layar premium berskala besar untuk penggunaan dalam rumah. Selain merujuk pada bentang layar yang dapat mencapai 163 inci, performa LG MAGNIT juga mendapat dukungan prosesor dengan benaman kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI). Seperti yang ditemui pada TV premium LG, keberadaan prosesor ini memampukan layar menganalisis sumber konten dan secara otomatis mengoptimalkan visual.

Melengkapinya, LG MAGNIT juga membawa platform pintar webOS LG untuk navigasi intuitif dan kontrol banyak fungsi berguna, termasuk fitur dan preset. Dengan seluruh kelengkapan kemampuannya ini, “Selalu menjadi kesenangan bagi kami untuk menghadirkan inovasi sejati dalam industri media penampil LED,” kata Paik Ki-mun.

Share Article :