News Release

Kecerdasan Buatan dan IoT Warnai Produk LG 2019

April 11, 2019

Produk LG 2019

JAKARTA, 11 APRIL 2019 – Mengawali langkah di kuartal kedua tahun ini, PT LG Electronics Indonesia (LG) membukanya dengan mengumumkan jajaran produk terbarunya. Tersebar dari perangkat elektronik rumah tangga dan pendukung hiburan dalam rumah, yang menjadikannya menarik, LG mengemukakan keberadaan seri LG ThinQ diantara koleksi produk premiumnya ini.

Keberadaan dukungan LG ThinQ menyiratkan pengembangan dengan dukungan Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) yang bersanding dengan berbagai inovasi fitur di dalamnya. “Interaksi lebih baik, peningkatan kenyamanan yang tak sekedar kayanya fitur serta memastikannya penggunaan dalam waktu panjang merupakan warna utama koleksi LG di tahun ini,” ujar Seungmin Park, President Director LG Electronics Indonesia.

Diperkenalkan perdana akhir tahun 2017, LG ThinQ merefleksikan upaya berkelanjutan perusahaan dalam pengembangan produk dengan dukungan Internet of Things (IoT) dan kecerdasan buatan (AI). Penyebutan yang bertautan dengan “think of you” membawa semangat yang mendasari perusahaan dalam pengembangan yang berfokus pada konsumen.

Dukungan LG ThinQ pada koleksi terbaru LG ini salah satunya menjadi solusi atas tuntutan kendali perangkat elektronik di rumah yang terus menguat di tengah gaya hidup dengan mobilitas tinggi. Pasalnya, LG ThinQ memungkinkan interaksi pengguna dan produk elektronik miliknya, melalui aplikasi smartphone, berlangsung lebih dalam dengan akses pada berbagai pengaturan terkait. Pada perangkat TV, keberadaan LG ThinQ bahkan lebih luas dengan pengembangan Artificial Intelligence yang meningkatkan kemampuan visual dan audio dalam membawa kualitas hiburan lebih baik di tengah keluarga.

Khusus mengenai peningkatan kenyamanan, diwujudkan LG dengan pengembangan produk yang didasarkan pada berbagai hal yang menjadi perhatian masyarakat modern di Indonesia. Pada perangkat elektronik rumah tangga, diantaranya perhatian pada faktor kesehatan seiring dengan solusi operasional lebih hemat waktu, energi dan ramah lingkungan.

Di sisi lain, “Memastikan penggunaan dalam waktu panjang, tak hanya bicara soal ketahanan produk. Namun pula, melengkapinya dengan berbagai fitur masa depan yang memastikannya relevan untuk menjawab pergerakan teknologi,” ujar Jay Jang, Head of Marketing LG Electronics Indonesia lagi.

 

Tingkat Baru Pengalaman Sinematik Dengan Kecerdasan Buatan

Berangkat dari ruang bersantai keluarga, LG memboyong dua kategori TV kelas premiumnya yang siap menjadi idola baru pusat hiburan keluarga. Bersanding dengan memperlebar portofolio TV OLED melalui kehadiran seri 9, LG juga memperkenalkan kategori TV UHD premiumnya dengan nama NanoCell TV.

Bila reproduksi warna dengan kontras tak terhingga pada TV OLED hadir melalui layar dengan tiap piksel menghasilkan pencahayaan sendiri tanpa unit pencahayaan latar (backlight), NanoCell TV pun memiliki inovasi panel yang tak kalah istimewa.

Meski dikembangkan berbasis LED yang memiliki pencahayaan latar (backlight), LG berinovasi dengan mengaplikasikan lapisan khusus berdiameter seragam sekitar satu nano meter yang memenuhi panel TV. Lapisan khusus pada NanoCell TV ini berfungsi menyerap kelebihan pancaran gelombang warna yang membuat TV tak mampu menghasilkan warna sesuai konten asal.

Wujud LG ThinQ pada seri premium TV LG ini hadir melalui pengembangan kecerdasan buatan (AI) dengan dukungan prosesor terbaru bernama α (Alpha) Gen 2. Letak kepintaran prosesor generasi kedua LG ini ada pada algoritma khusus dengan kemampuan belajar (deep learning) yang memberi dukungan peningkatan pada sisi visual dan audio untuk memberi pengalaman sinematik lebih menyeluruh.

Pada sisi visual, bekal jutaan basis data terkait berbagai informasi visual, prosesor Alpha Gen 2 mampu mengenali berbagai kualitas konten asal untuk kemudian bekerja dengan pilihan metode terbaik dalam mengoptimalkan tayangan pada layar. Dengan sensor khusus, prosesor pun mampu mengukur tingkat pencahayaan ruang sebagai dasar mengoptimalkan kecerahan layar dan perbaikan detail gambar pada bagian yang dibutuhkan. “Kemampuan ini memastikan mata menangkap berbagai tayangan dengan nyaman pada kondisi pencahayaan yang berubah-ubah,” ujar Julius, Head of Product Marketing Home Entertainment LG Electronics Indonesia.

Kemampuan mengoptimalkan tingkat kecerahan yang berbeda menyesuaikan dengan pengaturan pencahayaan ini pun hadir saat memainkan konten High Dynamic Range (HDR). Sebagai pendukungnya, LG tetap mempertahankan teknologi Dolby Vision dalam jajaran TV premium terbarunya ini.

Pada sektor audio pun, algoritma prosesor Alpha Gen 2 LG bekerja meningkatkan kepuasan dengar penggunanya. Salah satunya dengan tawaran nuansa bunyi lebih kaya dengan peningkatan secara virtual sistem audio 5.1 surround sound dari sistem audio 2.1 miliknya. Disamping itu, kemampuan mengidentifikasi bunyi berdasarkan ragam konten membuat nya dapat mereproduksi bunyi lebih baik. Hasilnya, TV mampu menghadirkan efek suara lebih dramatis pada tayangan film aksi dan  sementara bagi tayangan music, suara vokal penyanyi akan terdengar lebih jelas.

Bekal prosesor pintar ini pun membuat TV LG dapat memberikan tingkatan keluaran audio optimal yang menyesuaikan dengan penempatan dan posisi penggunanya. Selain itu, LG juga memastikan tetap mempertahankan penggunaan teknologi Dolby Atmos untuk memperkuat audio TV terbarunya ini dalam memberikan keluaran audio yang lebih realistis.

 

Hemat Berlipat Hadir Dengan Pilihan Kapasitas Lebih Tepat

Menemani sesi bersantai di ruang keluarga, LG memperkenalkan varian baru AC inverter LG DUALCOOL with Watt Control. Bakal meluncur berbarengan dengan bulan Ramadhan, AC inverter dengan serial T12EV4 ini memiliki kapasitas 11,000 British Thermal Unit/hour (BTU/h).

Dengan kapasitas tersebut, AC inverter LG DUALCOOL with Watt Control terbaru ini sengaja disiapkan mengisi ruang kebutuhan AC diantara 1 PK dan 2PK. “Ini merupakan pilihan baru AC inverter hemat listrik bagi kebutuhan ruang lebih besar. Pilihan tepat bagi kebutuhan AC untuk ruangan keluarga, terlebih saat momen bulan Ramadhan ini,” ujar Dimas Raditya Head of Product Marketing RAC LG Electronic Indonesia.

Sebagai varian baru, AC ini pun membawa serta keunggulan AC LG DUALCOOL with Watt Control  yang dirangkum LG dalam jargon Hemat Berlipat. Keunggulannya yaitu adanya teknologi Dual Inverter dan Watt Control.

Sementara dukungan LG ThinQ dimiliki pada model Deluxe  (P10RV3 & P13RV3) dan Smart Big Capacity (E13SIV4 & E19SIV4). Dukungan kepintaran ini membuat pengguna dapat mengendalikannya dari jarak jauh melalui keterhubungan dengan WiFi router. Melalui unduhan aplikasi pada smartphone, pengguna dapat memilih kendali seluruh AC di rumah dari satu smartphone ataupun sebaliknya.

Bicara soal kendali ini, tak sekedar mengaktifkan atau mematikannya. Namun juga mencakup berbagai pengaturan berbagai fitur di dalamnya. Termasuk di dalamnya kendali pada fitur istimewa bernama Watt Control yang dapat mengatur daya listrik di tengah operasi.

Dikatakan istimewa karena fitur Watt Control memberikan penggunanya fleksibilitas pengaturan daya listrik (watt). Sepanjang beroperasi, AC inverter LG ini dapat diatur bekerja dengan 100%, 80%, 60% hingga hanya 40% kebutuhan listrik seharusnya. Seluruh pengaturannya pun mudah. Bila pun tak melalui aplikasi, LG menyediakan kendali satu tombol di remote control.

“Fleksibilitas pengaturan daya ini lebih mengoptimalkan penghematan listrik tanpa mengorbankan kenyamanan penggunanya. Hal inilah yang membuatnya menjadi AC inverter paling tepat bagi masyarakat Indonesia,” ujar Dimas Raditya Head of Product Marketing RAC LG Electronic Indonesia.

Pernyataan ini setidaknya, menurut Dimas Raditya, berlandaskan pada dua kondisi yang melingkupi masyarakat Indonesia. Pertama, letak Indonesia di iklim tropis membuat rotasi suhu panas ke sejuk terjadi dengan perubahan signifikan pada tiap harinya. Hal ini membuka peluang pengguna menurunkan penggunaan daya listrik saat suhu cenderung sejuk, seperti menjelang tidur di malam hari, namun tetap mendapat kenyamanan setara dengan penggunaan daya listrik 100%.

Kedua, ada pada kapasitas listrik rumah yang terbatas. Dengan opsi penurunan daya listrik, pengguna dapat mengaktifkan perangkat elektronik lain untuk kebutuhan aktivitas rumah tangga, dengan tetap merasakan sejuknya udara AC LG DUALCOOL with Watt Control.

Istimewanya kerja AC inverter LG DUALCOOL with Watt Control ini pulalah, yang Dimas Raditya lagi, menjadikannya sebagai AC inverter paling populer di Indonesia. Setidaknya hal ini berdasarkan laporan terbaru lembaga riset independen, Growth from Knowledge.

Rilis lembaga yang biasa menjadi acuan industri elektronika ini mendudukkan LG sebagai pemimpin pasar AC inverter di Indonesia dengan penguasaan 65.6% pangsa pasar. “Hadirnya varian baru yang memperluas pilihan masyarakat tak hanya berarti peluang lebih besar untuk memantapkan posisi LG sebagai pemimpin pasar. Namun lebih dari itu, sama artinya dengan memperluas peluang publik untuk beralih ke teknologi inverter yang lebih baik,” ujar Dimas Raditya.

 

Lebih Pintar, Lebih Bersih Dengan Lebih Banyak Pilihan

Ruang cuci pun tak luput dari sentuhan LG ThinQ. Menaruh perhatian pada tingginya mobilitas berhadapan dengan aktivitas mencuci pakaian yang kerap menjadi beban karena menyita waktu, dukungan LG ThinQ didesain memungkinkan penggunanya lebih leluasa menggunakan waktu untuk kegiatan yang lebih berkualitas.

Hal ini karena keberadaan LG ThinQ mengambil alih mulai dari fungsi dasar hingga pada kebutuhan perbaikan.  Fungsi dasar dimaksud yaitu untuk mengaktifkan dan mengetahui proses pencucian selesai, dapat dilakukan melalui smartphone dengan keterhubungan WiFi. Selain itu, pengguna pun dapat memonitor penggunaan listrik mesin cuci.

Sementara di sisi lain, fitur Smart Diagnosis di dalam LG ThinQ yang diterapkan pada mesin cuci, membuat penggunanya dapat memperoleh bantuan cepat untuk beberapa masalah operasional mesin cuci tanpa perlu lagi menunggu jasa layanan perbaikan. Setelah mengaktifkan menu pada aplikasi, pengguna cukup mendekatkan smartphone pada bagian tubuh mesin cuci yang bertanda khusus.

Setelah beberapa saat, informasi mengenai diagnosis masalah dan solusi terpampang pada layar smartphone. “Bahkan untuk permasalahan kecil, solusi yang diberikan memungkinkan pengguna untuk melakukan perbaikan mandiri. Mengurangi kemungkinan waktu mencuci yang tertunda sekaligus biaya yang harus keluar untuk memanggil layanan perbaikan,” ujar Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia.

Keberadaan LG ThinQ pun memiliki manfaat memastikan mesin cuci LG bakal tetap relevan menghadapi perubahan kebutuhan penggunanya. Hal ini merujuk pada salah satu fasilitas LG ThinQ untuk mengunduh siklus pencucian baru. Siklus pencucian khusus pakaian bayi misalnya, dapat dipilih saat pengguna dikaruniai anggota keluarga baru.

Seluruh kepintaran LG ThinQ ini bakal didapat pada dua kategori utama mesin cuci LG di tahun ini yang kesemuanya berbasis teknologi Inverter yang hemat listrik. Pertama yaitu seri mesin cuci dengan teknologi terbaru TurboWash 3D. Pada mesin cuci jenis top loading ini LG menanamkan berbagai fitur inovatif yang memastikannya semakin dapat melayani kebutuhan penggunanya.

Ditawarkan sebagai seri dengan kapasitas besar, terdapat berbagai pilihan: 22 kg, 19 kg, 13kg, dan 12kg. Meski membawa kapasitas besar, inovasi LG berjuluk Big-in-System berupa pemanfaatan lebih baik bagian dalam mesin cuci, membuat mesin cuci TurboWash 3D ini justru memiliki dimensi lebih ringkas dibanding mesin cuci sejenis dengan kapasitas setara.

Namun itu hanya menjadi salah satu kelebihannya. Sementara inovasi utamanya ada tersirat pada penamaan seri TurboWash 3D sendiri. Kejaran mendapatkan hasil cucian bersih, LG berinovasi melalui tiga fitur yang berfokus pada gerak cuci dan aliran air pada tabung.

Bila siklus mencuci pada mesin cuci top loading hanya mengandalkan gerak pulsator yang berada di dasar tabung, tak demikian halnya dengan mesin cuci TurboWash 3D. Saat pulsator berputar, tabung cuci dengan teknologi TurboDrum pada mesin cuci terbaru LG ini pun turut berputar dengan arah rotasi berbeda dengan ritme tertentu. Pusaran air yang terjadi ini dipercaya memastikan pencucian menyentuh seluruh bagian pakaian untuk melepaskan kemungkinan noda yang menempel.

Di sisi lain, teknologi WaveForce memungkinkan siklus pencucian dengan aliran air bertenaga secara vertikal dari atas ke bawah, memastikan hasil pencucian bersih maksimal. Kerja teknologi TurboDrumdan WaveForce ini semakin efisien dengan didukung oleh teknologi JetSpray, berupa pancaran air bertekanan tinggi untuk pembilasan yang cepat dan efektif.

Kolaborasi antara seluruh teknologi ini membuat air dalam tabung pencucian bergerak multi dimensi sepanjang pencucian. Gerak demikian inilah yang kemudian mendorong cucian di dalamnya bergerak secara vertikal dan horizontal yang memberi tenaga lebih bagi air dan detergen dalam menembus serat pakaian untuk memberikan pencucian lebih baik. Ditambah lagi, dilengkapi dengan tabung full stainless steel dan teknologi Auto Tub Clean yang dapat secara otomatis membersihkan bagian dalam tabung setiap siklus pencucian, membuat tabung senantiasa bersih dan higienis walau pun sering digunakan.

Tak hanya itu, mesin cuci TurboWash 3D juga menawarkan pengoperasian lebih hemat waktu, hemat listrik dan hemat air. Hal ini berkat saat air bergerak mengisi tabung pencucian, pancaran air bertekanan tinggi dari atas tabung pun terjadi pada saat bersamaan.

Berdasarkan pengujian lembaga internasional Intertek, inovasi pada mesin cuci TurboWash 3D™ hanya butuh waktu kurang dari 40 menit untuk dapat menyelesaikan satu siklus pencucian. Kecepatan ini bersanding dengan 27% lebih hemat listrik dan terhitung 14% lebih hemat dalam penggunaan air dibanding model mesin cuci sejenis milik LG sebelumnya.

Bersisian dengan pengenalan mesin cuci LG TurboWash 3D, LG juga mengumumkan ketersediaan mesin cuci terbaru dari lini LG TWINWash. Hal ini membuat seri mesin cuci inovatif yang dikenal melalui keberadaan dua tabung yang memungkinkan pencucian dalam waktu bersamaan tersebut, kini hadir dengan kapasitas pencucian utama lebih kecil. Diperkenalkan perdana dengan kapasitas tabung utama 20 kilogram, dua mesin cuci LG TWINWash terbaru ini memiliki kapasitas cuci utama 20 kg untuk muatan besar dan 3,5 kg untuk muatan kecil.

“LG TWINWash™ menuai respon baik pasar yang disisi lain memunculkan harapan konsumen akan kehadirannya dengan variasi kapasitas yang baru,” ujar Rumbi mengungkap alasan dibalik peluncuran mesin cuci LG TwinWash terbarunya ini. Rumbi menyatakan, LG melengkapi dengan fungsi sebagai mesin pengering pakaian dalam LG TwinWash terbarunya ini.

Baiknya respon pasar yang diterima seri mesin cuci LG TWINWash, dikatakan Rumbi, terkait erat dengan keunikan pengerjaan pencucian dan perawatan pakaian. Dari bentuknya saja, LG TWINWash merupakan mesin cuci dengan desain yang jauh meninggalkan mesin cuci di pasaran. Di bagian atasnya tersedia tabung cuci bukaan depan (front load), sementara menempel tepat di bagian bawahnya merupakan tabung cuci berukuran lebih kecil dengan bukaan atas (top load).

Kedua tabung ini dapat bekerja masing-masing maupun dalam pengaturan untuk bekerja bersamaan. Bila tabung atas dapat digunakan untuk jenis pakaian sehari-hari, tabung bawah yang kecil berguna bagi jenis pakaian yang perlu perlakuan khusus maupun yang berukuran kecil. Lengkap dengan motor inverter bertajuk Inverter Direct Drive, desain dan cara kerja revolusioner inilah yang membuatnya dapat menghemat waktu pengerjaan, meminimalisir getaran sekaligus penghematan konsumsi listrik.

Perhatian LG tentang perawatan pakaian tak hanya pada penjagaan usia, namun pula memastikannya untuk bebas dari bakteri maupun material penyebab alergi. Hal ini diwujudkan melalui keberadaan fitur TrueSteam. Memanfaatkan suhu panas 50-60 derajat Celcius, penempatannya di bagian atas tabung memberikan hasil lebih baik karena lebih dapat menjangkau keseluruhan pakaian dalam tabung cuci.

 

Menjaga Kesegaran Makanan Dengan Elegan

Keberadaan kulkas dalam masyarakat modern sebagai tempat penyimpanan utama nutrisi keluarga pun menjadi perhatian LG dalam koleksi terbarunya ini. Hadir dalam seri kulkas LG Black Series, warna hitam yang membuat tampilannya elegan berpadu dengan fokus pengembangan dalam memberi perlindungan lebih baik.

Memberikan pilihan lebih besar bagi kebutuhan konsumen yang beragam, kulkas LG Black Series tersedia dalam variasi bentang kapasitas simpan yang luas. Mulai dari sekitar 300 dan 400 Liter hingga yang hampir mendekati 700 Liter. Sementara bicara mengenai kategorinya, disamping kulkas Side by Side, LG Black Series pun memiliki varian kulkas dua pintu sebagai jenis paling populer di Indonesia.

Dukungan LG ThinQ terdapat pada seri premium dari LG Black Series ini. Salah satunya, membuat pengguna dapat melakukan pengaturan suhu dari perangkat smartphone. Di bagian lain, fitur unik Smart Diagnosis pun turut melengkapi keberadaan LG ThinQ. Alih-alih memanggil layanan purna jual dan perbaikan yang memerlukan waktu tunggu, fitur Smart Diagnosis akan membuat pengguna dapat mengenali penyebab gangguan pada kulkas LG Black Series miliknya. Malahan, fitur ini akan memberikan solusi perbaikan mandiri untuk beberapa gangguan ringan.

Bicara mengenai alasan perkenalan kulkas LG Black Series ini, “Mengimbangi fungsi utamanya sebagai penyimpanan nutrisi keluarga,  tampilan elegan menjadi penting merespon perubahan gaya hidup yang telah membuat peletakan kulkas dalam sebuah rumah menjadi lebih menempati ruang yang dapat terlihat oleh orang lain,” ujar Rumbi. Bila ditilik dari materialnya, kulkas LG Black Series terbagi dalam varian Matte Black Steel, Black Glass, dan Black Steel.

Seperti namanya, varian Black Glass dibuat dengan material kaca yang membuatnya tampil mengkilap. Meski demikian, tak perlu khawatir karena kaca yang diterapkan merupakan tempered glass yang memiliki kekuatan lebih baik dalam menahan benturan maupun goresan.

Varian Black Glass pada kategori kulkas dua pintu dibuat dengan desain bilah pintu yang berbentuk lengkungan halus dengan menimbulkan kesan tanpa tepian. Tak hanya memperkuat kesan mewah, namun pula menjadikannya kulkas pertama di dunia yang menerapkan desain demikian. Sementara pada kategori kulkas Side by Side, varian Black Glass dibuat unik dengan keberadaan rak penyimpan khusus minuman berbahan anggur (wine) yang dirancang dapat menjaga tingkat temperatur pada 4° Celcius.

Di sisi lain, meski tak tampil mengkilap, kulkas LG Black Series varian Matte Black Steel pun dibuat dengan keistimewaan yang tak kalah menarik. Melindungi ukuran tubuhnya yang besar, LG menerapkan finishing khusus yang memastikan elegannya desain ini tetap bertahan. Termasuk dalam lapisan perlindungan ini yaitu kemampuannya 40% lebih baik dalam mengatasi jejak tertinggal dari sentuhan jari. Lapisan yang sama pun membuatnya lebih mudah dibersihkan. Cukup dengan cairan pembersih dan lap halus. Penjagaan pun diberikan dengan lapisan anti korosi.

Untuk varian Black Steel sendiri tidak kalah menariknya, dengan material yang juga kuat, elegan, dan anti korosi. Selain itu, lapisannya yang meminimalisir bekas sidik jari memudahkan kulkas untuk dibersihkan. Black Steel ini memiliki finishing glossy, cantik untuk interior dapur minimalis.

Berbasis teknologi Inverter yang lebih baik dalam menghemat listrik, LG mengembangkan kompresor khusus bernama LG Inverter Linear Compressor. Desain khusus kompresor ini dibuat dengan meminimalisir gesekan antar komponen di dalamnya menjadi hanya berpusat pada satu tuas. Tak hanya memberikan penghematan listrik lebih optimal namun pula membuat daya tahan lebih baik.

Bila bersanding dengan kulkas sejenis, penggunaan kompresor LG ini mampu memberikan penghematan listrik hingga 32 persen. Sementara mengenai daya tahannya ini, LG sampai memberikan garansi khusus hingga 10 tahun bagi kompresor ini.

Di sisi lain, sematan kompresor ini juga memastikan suplai udara dingin ke dalam kabin kulkas dengan tenaga yang cukup untuk membuat proses pendinginan lebih cepat. Pendinginan cepat ini diperlukan mengingat udara dingin akan terlepas saat pemilik membuka pintu untuk mengambil makanan atau minuman yang tersimpan di dalamnya.

Kecepatan ini kemudian berpadu dengan inovasi fitur Multi Air Flow. Wujudnya berupa desain dan penempatan saluran udara dingin pada beberapa titik dalam kabin. Dirancang demikian untuk membuat seluruh bagian dalam kabin kulkas LG Black Series memiliki suhu dingin yang merata.

Dengan rancangan ini memastikan kesegaran seluruh bahan makanan dan minuman yang tersimpan di dalamnya dapat bertahan lebih lama. “Inilah kunci menjaga kesegaran makanan. Tak hanya menyimpannya dalam suhu dingin, namun pula memastikan tempat penyimpanan memiliki fluktuasi suhu yang rendah,” ujar Rumbi.

Share Article :
POP