News Release

2019, LG Fokus Pasarkan OLED dan NanoCell TV

Smart TV

SEOUL, MAR. 7, 2019LG Electronics (LG) memberi pengumuman terkait fokus bisnis perusahaan dalam lini produk TV premiumnya di tahun ini. Mendukung rencana besar perusahaan untuk memimpin segmen TV kelas premium ini, dua kategori besar produk disiapkan yaitu OLED TV dan NanoCell TV. “Kedua kategori TV premium kami di tahun 2019 ini akan menjadi cerminan jelas upaya keberlanjutan LG untuk terus meretas batas yang ada pada TV saat ini melalui inovasi teknologi,” ujar Brian Kwon, President Mobile Communications and Home Entertainment Company LG.

Lebih lanjut ia menyatakan, perusahaan akan memulai pemasaran global kedua kategori TV premiumnya ini pada minggu depan. Korea Selatan dan Amerika Serikat akan menjadi kelompok negara sasaran pemasaran perdana OLED TV dan NanoCell TV terbaru LG. Menyusul setelahnya berbagai negara yang menjadi pasar utama LG di belahan Asia, Eropa dan Amerika Selatan.

Bicara mengenai keunggulan yang ditawarkan, LG menyatakan, OLED TV dan NanoCell TV terbarunya akan dibekali peningkatan visual dan audio melalui pemanfaatan Artificial Intelligence (AI). Hal ini berkat dukungan prosesor khusus LG α (Alpha) 9 Gen 2 yang memiliki kecerdasan dan teknologi yang memberi kemampuan belajar deep learning.

Kelengkapan prosesor α (Alpha) 9 Gen 2 di dalamnya pun memberi kemampuan TV untuk menyelaraskan audio berdasarkan jenis konten. Hal yang membuat TV mampu memperdengarkan audio percakapan pada konten film maupun berita lebih jelas dan disisi lain mampu memperdengarkan vokal penyanyi lebih halus dari konten acara musik.

Di sisi lain, bagi kedua kategori terbarunya ini pun LG telah menyiapkan dua peningkatan dalam hal keterhubungan. Berjalan pada tengah tahun, peningkatan pertama berupa dukungan keterhubungan pada perangkat Apple AirPlay 2 dan Apple HomeKit untuk kemudahan menikmati konten video dan audio dengan opsi streaming melalui jajaran perangkat rumah pintar besutan Apple.

Peningkatan pun dilakukan pada firmware yang akan membuat pemilik OLED TV dan NanoCell TV LG edisi terbaru dapat menikmati layanan Amazon Alexa. Layanan ini akan melengkapi layanan Google Assistant yang telah tersedia di dalam TV sebelumnya. Kelengkapan dua platform AI ini akan menjadikan LG sebagai pabrikan TV pertama yang menyediakan kedua platform AI utama dalam TV tanpa perlu tambahan perangkat keras lainnya.

Lebih lanjut terkait kerja pintar prosesor α (Alpha) 9 Gen 2 untuk peningkatan gambar dan suara pada OLED TV generasi terbarunya, LG menyatakan hal ini tak lepas dari kemampuan deep learning dan akses pada besarnya basis data informasi visual yang dimilikinya. Kolaborasi kedua teknologi ini memberikan prosesor kemampuan untuk mengenai sumber asal konten untuk kemudian menjalankan susunan algoritma terbaik dalam menyajikan gambar pada layar. Di sisi lain, prosesor juga bekerja menganalisis nuansa lingkungan lokasi TV ditempatkan untuk memberikan tingkatan kecerahan optimal.

Terdapat lima seri yang disiapkan LG untuk membagi OLED TV di tahun ini berdasarkan kelengkapan teknologinya. Terdapat empat seri yang mendukung ketersediaan bentang layar dari 77 inci hingga 55 inci. Keempatnya yaitu model Model W9, E9, C9, dan B9. Rangkaian OLED TV LG di tahun ini akan termasuk model LG 88Z9 yang menjadi TV OLED pertama di dunia dengan resolusi 8K.

Di bagian lain, NanoCell TV pun memiliki daya tarik tersendiri dari sisi visual sebagai seri LED TV tercanggih LG. Kualitas gambar yang tampil cemerlang dengan akurasi warna lebih baik yang dapat dinikmati dari sudut pandang menonton lebar menjadi salah satunya. Keunggulan visual pun mendapat dukungan dari terapan desain modern dengan tepian sangat tipis yang mengurangi gangguan saat menonton.

Berbagai peningkatan kemampuan pun dibenamkan. Diantaranya kelengkapan dukungan HDMI 2.1 untuk memainkan konten 4K lebih baik dengan kecepatan 120 fps (frame per second ), 4K High Frame Rate (HFR). Automatic low latency mode (ALLM), variable refresh rate (VRR) dan enhanced audio return channel (eARC).

Terdapat empat belas model NanoCell TV terbaru dengan kemampuan AI di tahun ini. Sementara bicara mengenai pilihan bentang layar, ketersediaannya mulai dari 49 inci hingga yang bentangnya mencapai 86 inci.

Pengumuman mengenai dimulainya pemasaran dua lini TV premium LG ini pun diiringi kejutan akan pernyataan kesiapan perusahaan dalam memasarkan TV OLED dengan layar yang dapat digulung. Dinamai LG SIGNATURE OLED TV R, kemunculan perdananya mendapat atensi besar seluruh pengunjung Consumer Electronics Show pada awal tahun ini.

“Melalui keseluruhan lini produk TV premium kami di tahun ini, kami ingin menunjukkan dan menawarkan kecanggihan terkini teknologi AI LG dalam meningkatkan kualitas gambar dan suara yang memberikan pengalaman menonton TV lebih baik,” ujar Brian Kwon pula.

Share Article :