News Release

Hemat Berlipat LG DUALCOOL with Watt Control, LG Perteguh Posisi Pimpin Pasar AC Inverter di Indonesia

AC Inverter

JAKARTA, 17 Oct 2018 – Menjadi pemuncak pasar AC inverter di Indonesia dengan penguasaan 63% pangsa pasar, tak mengendurkan langkah LG melakukan penetrasi di kategori AC hemat listrik ini. Mengimbangi langkah pemasarannya, vendor elektronik konsumer yang juga dikenal sebagai salah satu pionir AC inverter ini pun terlihat gigih berinovasi pada penyejuk ruangan berbasis teknologi ini.

Terbaru, perusahaan memberi pernyataan kesiapannya memperkenalkan varian anyar AC inverter miliknya yaitu AC LG DUALCOOL with Watt Control. Mengusung jargon Hemat Berlipat, generasi pembaharu AC LG DUALCOOL yang dikenal hemat listrik hingga 70% dibanding AC non inverter ini, pengembangan AC inverter terbarunya ini dikatakan membawa kemampuan hemat listrik pada tingkat yang lebih optimal.

“Keberhasilan LG melakukan inovasi berbasis teknologi inverter yang hemat listrik memberi keunggulan AC LG DUALCOOL with Watt Control pada pengaturan besaran watt,” ujar Seungmin Park, President Director LG Electronis Indonesia. Lebih lanjut ia menambahkan,”Keunggulan inilah yang membuatnya mampu melakukan penghematan listrik optimal, tanpa mengorbankan kenyamanan pengguna,” ujarnya lagi.

Bicara rekam jejak, langkah LG dalam pengembangan dan pemasaran AC inverter di Indonesia bukanlah hal baru. Bahkan LG tercatat sebagai pionir dalam pasar AC inverter di tanah air. Melalui AC LG DUALCOOL generasi pertama, LG mendudukkan diri sebagai merek yang memiliki rentang produk AC inverter untuk kebutuhan rumah tangga paling lebar. Tak hanya dalam kapasitas besar yang mencapai 2PK, namun pula hingga berkapasitas kecil (1/2 PK). Hal ini menjadi langkah besar perusahaan ketika AC inverter di pasar saat itu hanya menawarkan dalam kapasitas besar.

Komitmen besar ini pulalah yang lantas mengantarkan LG menjadi pemimpin pasar AC inverter di Indonesia. Berdasarkan lembaga periset pasar Growth from Knowledge (GfK), LG menguasai 63% pangsa pasar AC inverter di Indonesia hingga semester pertama tahun ini. “Lebih dari sekedar pencapaian bisnis, posisi sebagai pemimpin pasar ini merefleksikan upaya berkesinambungan LG untuk berkontribusi pada percepatan terciptanya gaya hidup hemat energi di Indonesia,” ujar Seungmin Park.

Terkait fleksibilitas pengaturan daya listrik (watt) yang menjadi keunggulan AC DUALCOOL dengan Watt Control ini, Changmin Han, Air Conditioning Business Leader   menyatakan, hal ini berwujud empat pengaturan konsumsi daya listrik yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Mulai dari bekerja 100%, 80%, 60% hingga bekerja dengan hanya 40% dari kebutuhan listrik seharusnya yang pengaturannya melalui kendali satu tombol pada remote control.

Cara kendalinya pun terbilang mudah. Sebagai gambaran, kepemilikan AC LG DUALCOOL dengan Watt Control tipe T06EV4 (Eco Model) dan E06SV4 (Smart Model) berkapasitas 1/2 PK dengan daya listrik 495 Watt. Pengaturan pada konsumsi 80% yang cukup dilakukan dengan sekali tekan pada tombol Watt Control pada kendali remote control, akan langsung membuat AC bekerja dengan besaran daya 419 Watt dengan menghemat 76 watt yang bisa digunakan untuk LED TV 32”. Sementara penghematan hingga 312 Watt dengan menghemat 183 watt yang bisa digunakan untuk mesin Front Loading 7kg. Dapat terjadi dengan dua kali tekan pada tombol yang membuat AC bekerja pada daya 60%.

Penghematan daya pun dapat terus dilakukan hingga beroperasi dengan kebutuhan watt hanya 40% dengan besaran daya 215 watt. Hal ini akan memberi penghematan hingga 280 Watt. “Dengan besarnya daya hasil penghematan ini, pengguna dapat memanfaatkannya untuk mengoperasikan perangkat elektronik lain bersamaan. Tanpa harus mengorbankan kenyamanan dengan mematikan AC untuk melakukan pekerjaan lain,” ujar Dimas Anugra Raditya, Product Marketing RAC LG Electronics Indonesia.

Lebih lanjut tentang inovasi Watt Control ini, menurut Dimas Anugra Raditya, pengembangannya dilakukan menyesuaikan dengan karakter iklim Indonesia. Berada pada belahan iklim tropis, membuat masyarakat Indonesia mengalami perputaran fluktuasi suhu nyata sepanjang harinya. Rotasi dari sejuk di kala pagi dan menjadi cenderung panas saat siang hingga kembali sejuk menjelang tidur malam, memberikan peluang bagi pengguna untuk melakukan pengaturan daya listrik menyesuaikan dengan perubahan suhu lingkungan.

Saat suhu berubah menjadi cenderung sejuk ketika menjelang tidur malam misalnya. Melakukan pengaturan AC LG DUALCOOL dengan Watt Control untuk beroperasi hanya dengan 40% daya, akan tetap memberikan kenyamanan pemakaian dengan penghematan penggunaan listrik yang optimal. “Dikembangkan berbasis teknologi inverter yang hemat listrik, keberadaan Watt Control memberi penggunanya peluang hemat listrik lebih optimal. Hemat berlipat, tanpa mengorbankan kenyamanan penggunaan,” ujar Dimas Anugra Raditya lagi.

Bicara mengenai kenyamanan penggunaan, bersanding dengan inovasi besarnya ini, LG pun membawa serta berbagai fitur istimewa di dalamnya. Termasuk di dalamnya yaitu JetCool, Ionizer dan SmartThinQ™. Sesuai namanya, fitur JetCool yang diaktifkan melalui pilihan tombol khusus pada remote control, membuat AC DUALCOOL dengan Watt Control mempersingkat proses pendinginan ruang. Mengaktifkannya membuat AC inverter LG ini bekerja menyemburkan suhu 18°C dengan satu titik untuk kemudian mempertahankannya pada tingkat suhu yang diinginkan.

Sematan fitur Ionizer di sisi lain, memberikan kenyamanan dari penciptaan udara bersih dari berbagai kontaminan merugikan yang melayang di udara dalam ruang seperti bakteri, virus dan kuman. Bekerja dalam lima tahapan, mengaktifkannya akan membuat AC DUALCOOL dengan Watt Control menyemburkan miliaran ion yang bakal mengikat dan mengdeaktivasi berbagai materi merugikan ini. Untuk kemudian reaksi yang ada mengubahnya menjadi molekul air yang memberikan hembusan udara segar.

Sementara benaman fitur SmartThinQ™  hadir menjadi jawaban LG atas gaya hidup modern dengan mobiltas tinggi saat berhadapan dengan kebutuhan kendali perangkat elektronik di rumah. Berbasis keterhubungan perangkat dengan wifi, teknologi SmartThinQ memungkinkan pengguna memberi berbagai perintah kendali jarak jauh untuk tiap unit air conditioner pada masing-masing ruang dalam rumah.

Termasuk dalam kendali ini, mulai dari mengaktifkan maupun mematikan, kecepatan putar kipas, memastikan pengaturan suhu tiap ruang sesuai kebutuhan, hingga mengaktifkan fitur khusus penyertanya seperti fitur pendukung kesehatan ionizer.

Tak banyak perangkat tambahan untuk memanfaatkan teknologi SmartThinQ™ ini. Penggunanya cukup menyiapkan wifi router sebagai pusat keterhubungan. Yang perlu dilakukan kemudian tinggal mengunduh aplikasi SmartThinQ™ ini pada smartphone, baik berbasis Android maupun iOS.

Keberadaan aplikasi SmartThinQ™ ini memudahkan pengguna dalam pengaturan pembatasan keterhubungan perangkat. Selain memungkinkan kendali jarak jauh dilakukan dari beberapa smartphone anggota keluarga, pengguna dapat memilih pembatasan perangkat AC yang dapat dikendalikan dari sebuah smartphone tertentu. “Memastikan kendali tetap di tangan tanpa batasan jarak dan waktu. Inilah bentuk kenyamanan terkini dari sebuah AC yang benar-benar hadir sebagai jawaban gaya hidup modern,” ujar Dimas Anugra Raditya.

Upaya memberi tingkat kenyamanan tinggi pun dilakukan LG dengan menaruh perhatian besar pada ketahanan penggunaan AC DUALCOOL with Watt Control. Salah satunya dengan keputusan perusahaan memanfaatkan material tembaga yang tak hanya melapisi namun benar-benar menjadi bahan pembuat kondensornya. Melengkapi penjagaan pada bagian kondensor, mengingat letaknya pada unit luar (outdoor) AC, LG menerapkan lapisan emas Gold Fin yang memiliki paten anti karat.

Kenyamanan dari ketahanan penggunaan pun diberikan lewat terapan garansi hingga 10 tahun khusus bagi kompresor Dual Inverter yang menjadi penggerak AC ini. Sementara untuk bagian PCB sebagai tempat rangkaian pusat pengatur aliran listrik, LG memberikan jaminan garansi hingga dua tahun.

Memastikan AC LG DUALCOOL with Watt Control menjangkau calon pengguna dengan ragam kebutuhan berbeda, LG menghadirkannya dalam bentang varian kapasitas pendinginan yang luas mulai dari kapasitas pendinginan ½ PK hingga 2 PK. Terdapat pula tiga kategori yaitu Eco, Smart dan Deluxe Air Purifying dengan pembeda pada kelengkapan fitur pendukung. “Lebih dari sekedar AC inverter, tawaran tingkat hemat listrik optimal yang hadir dalam berbagai varian akan membuat AC LG DUALCOOL dengan Watt Control mudah menjadi bintang baru AC inverter,” ujar Seungmin Park.

Share Article :
POP