News Release

Masuk Indonesia, Kasta Tertinggi TV OLED LG Tawarkan Pengalaman Sinematik Sesungguhnya

TV OLED LG

Jakarta, 28 Mei 2018 – PT. LG Electronics Indonesia (LG) akhirnya membawa masuk LG SIGNATURE OLED TV W. Menjadi kasta tertinggi TV OLED LG di dunia, TV berbentang layar 65 inchi dikatakan membawa seluruh inovasi terkini LG untuk memberikan pengalaman sinematik sesungguhnya. Disamping keberadaan prosesor pintar α9 dan dukungan solusi HDR terluas, dua teknologi Dolby Laboratories turut dalam deret inovasi yang mendukung LG SIGNATURE OLED TV W mampu benar-benar membawa pengalaman menonton bioskop premium di dalam rumah.

“Diantara banyak klaim pabrikan lain yang menyatakan damembawa nuansa pengalaman menonton bioskop bagi TV barunya, LG SIGNATURE OLED TV W hadir dengan berbagai teknologi dan inovasi terkini yang benar-benar mewujudkan hal tersebut di ruang keluarga,” ujar Gloria Mariawaty, Product Marketing Home Entertainment PT. LG Electronics Indonesia. Lebih lanjut ia menyatakan, kehadiran LG SIGNATURE OLED TV W ini sekaligus bakal meneguhkan LG sebagai pemimpin TV OLED di Indonesia.

Penamaan TV OLED merujuk panel layar Organic Light Emitting Diode. Berbeda dengan LED, OLED tak lagi memiliki deret lampu LED sebagai sumber pencahayaan piksel. Pasalnya sumber pencahayaan inilah yang justru membuat TV tak dapat mencapai kedalaman warna optimal. Hal ini karena meskipun layar menampilkan tayangan dalam warna gelap, terus menyalanya deret lampu LED di belakangnya menembus ke depan panel layar sehingga membuat layar tak pernah dapat memberikan kedalaman.

LG terhitung sebagai pionir yang membawa inovasi panel pembaharu ini hingga pada skala yang dapat dipasarkan. Meski kemudian langkah ini diikuti pabrikan lainnya, komitmen LG tak hanya membuat TV OLED besutannya  menjadi langganan penghargaan puncak pada perhelatan Consumer Electronics Show, namun juga menjadikannya pabrikan dengan penjualan tertinggi di dunia sejak tahun 2013. Hal ini berdasarkan HIS Markit dalam survey akhirnya terkait merek TV di kuartal keempat 2017.

Lebih lanjut mengenai LG SIGNATURE OLED TV W, tak heran bila dikatakan menjadi kasta tertinggi pada deret TV OLED LG. Hal ini tak lepas dari label SIGNATURE yang melekat pada nama TV OLED LG terbaru ini. Menjadi penamaan LG bagi deret produk super premium miliknya, label SIGNATURE dikenakan pada produk yang mengusung teknologi terkini pada keseluruhan faktor termasuk fitur dan desainnya.

Bicara keunggulan TV OLED yang juga menyandang gelar CES 2018 Innovations Awards ini tak lepas dari penggunaan prosesor pintar yang dinamai prosesor α9. Keberadaan prosesor ini, salah satunya berfungsi pada pengurangan gangguan (noise) pada gambar dalam empat tahapan. Hal ini membuatnya mampu menghasilkan tayangan gambar lebih halus bila dibandingkan prosesor sebelumnya yang masih menyandarkan pengurangan noise dengan dua tahapan saja.

Disamping itu, kerja prosesor α9 ini juga memberi ketajaman lebih, utamanya pada sudut-sudut gambar dan tekstur serta mengoptimalkan kedalaman tiap warna. Melengkapinya, prosesor ini pun mengemban tugas untuk memastikan tiap warna tampil sesuai dengan orisinil tanpa distorsi dengan memanfaatkan table warna 7.3 kali lebih kaya dibanding seri sebelumnya. “Keberadaan prosesor pintar LG ini melengkapi kemampuan LG SIGNATURE OLED TV W dalam mencipta gambar yang tak hanya kaya warna, namun dengan ketajaman dan pergerakan halus pada tiap adegannya,” ujar Gloria lagi.

Untuk mendukung pergerakan gambar halus, bahkan pada konten yang menampilkan gerakan cepat seperti film laga maupun tayangan olahraga, TV OLED LG memiliki bekal teknologi High Frame Rate (HFR) yang membuatnya mampu memutar konten hingga 120 frame per seconds (fps).

Masih soal keunggulan visualnya, LG SIGNATURE OLED TV W pun dilengkapi dengan dukungan untuk menangani konten High Dynamic Rate. Seiring semakin tingginya popularitas teknologi HDR yang sebelumnya lebih dikenal di kamera foto untuk menghasilkan bentang dinamika pencahayaan lebar (high dynamic rate), membuatnya seakan menjadi fitur wajib bagi TV kelas premium.

Yang membedakan dengan pabrikan lain, LG SIGNATURE OLED TV W memiliki solusi HDR paling luas. Disamping HDR10 dan HLG yang biasa terdapat pada TV dengan klaim dukungan HDR, LG juga membekalinya dengan dua solusi HDR lebih canggih yaitu HDR Dolby Vision dan HDR by Technicolor.

Dikatakan lebih canggih karena HDR Dolby Vision merupakan solusi HDR dari Dolby Laboratories sebagai perusahaan global dengan reputasi panjang di industri audio visual. Teknologi HDR dari perusahaan yang popularitasnya salahsatunya terbangun pada bioskop-bioskop premium ini memiliki kemampuan memproses HDR pada tiap-tiap frame gambar melalui proses metadatanya. Dengan semakin banyaknya frame dalam sebuah tayangan lengkap, memberikan detail gambar dengan pencahayaan lebih dramatis. HDR Dolby Vision mampu mengolah dan mencipta lebih dari 170,000 frame dalam sebuah film berdurasi dua jam.

Sementara HDR Technicolor ini merujuk pada kolaborasi LG dengan Technicolor sebagai studio  warna professional yang banyak berperan dalam film-film Hollywood. Hal ini memastikan gambar tertayang pada TV OLED LG sesuai dengan hal yang diinginkan pembuat filmnya.

Tak cuma soal visual, perhatian LG pada pengguna LG SIGNATURE OLED TV W pun menyentuh pada sektor audio. Lagi-lagi tak sekedar klaim kepemilikan performa tinggi audio, LG membenamkan teknologi Dolby Atmos ke dalam TV OLED seri terbarunya ini. Biasa dijumpa menenagai audio pada bioskop premium, Dolby Atmos memiliki kemampuan menangkap suara sesuai pergerakan setiap objek. Disamping itu, teknologi ini juga memiliki keunggulan mengalirkan suara 360 surround sound. Hal yang membuatnya mampu menghadirkan nuansa audio yang memenuhi seluruh ruang.

Berpadunya dua teknologi audio dan visual Dolby dalam LG SIGNATURE OLED TV W membuatnya mampu menghadirkan nuansa sinematik selayak berada dalam sebuah bioskop. Inilah yang membuat TV OLED LG dapat dikatakan benar-benar membawa sebuah bioskop di dalam rumah. “Melangkah meninggalkan klaim pabrikan lain, LG SIGNATURE OLED TV W menjadi bioskop sebenarnya di dalam rumah. Hal ini bila menilik adopsinya pada dua teknologi Dolby yang memang populer penggunaannya di bioskop kelas premium,” ujar Gloria lagi.

Mengenai pernyataannya ini, menurut Gloria, dikuatkan pula dengan perhatian LG pada desain LG SIGNATURE OLED TV W. Sadar benar akan kehadiran TV sebagai pusat perhatian orang di ruang keluarga, semakin lebarnya bentang layar TV membuat estetika desain semakin penting. Inilah yang membuat LG memberi perhatian lebih pada desain seluruh seri TV OLED LG di tahun ini.

Hal inilah yang kemudian membuat LG mengusung desain spesial bertajuk Picture-On-Wall pada LG SIGNATURE OLED TV W8. Nama ini dibuat merujuk pada bingkainya yang sangat tipis mengelilingi bentang layar 65inch miliknya yang berpadu dengan bodinya yang setipis 4mm. Ketika memilih penempatan yang menempel pada dinding, memberi ilusi layar melayang yang memberikan pengalaman keterlibatan lebih saat menyaksikan tayangan dari layarnya. “Menguatkan kesan penggunanya benar-benar menghadapi sebuah layar lebar bioskop premium yang menampilkan visual dan audio megah,” ujar Gloria lagi.

Untuk memboyong seluruh paket lengkap kemewahan bioskop dalam rumah ini, LG mematoknya dalam harga kisaran 125 juta rupiah.

Share Article :
POP