News Release

Tambah Laju LG Di Pasar AC Inverter, LG Dual Cool Series Bawa Dua Inovasi Besar

AC LG

Jakarta, 5 Maret 2018 – Menjadi merek AC Inverter paling populer di Indonesia dengan penguasaan pada 72,5% pangsa pasar AC Inverter dalam negeri, tak membuat LG berpuas diri. Bahkan, pabrikan asal Korea Selatan ini tampak semakin agresif untuk mengukuhkan dominasinya di pasar AC Inverter ini.

Hal ini dilakukan dengan memperkenalkan jajaran terbaru dari LG Dual Cool Inverter Series. Tak hanya penghematan listrik lebih besar dengan peningkatan kenyamanan penggunaan lebih tinggi, AC LG ini pun memiliki kepintaran yang dikatakan bakal membuatnya siap menjawab kebutuhan gaya hidup modern. “Inovasi berbasis inverter dengan kepintaran di dalamnya yang tersedia luas hingga varian kapasitas paling rendah, menunjukan AC ini disiapkan benar sebagai solusinya AC inverter bagi masyarakat luas,” ujar Daehyun Kim, Product Marketing Manager Air Conditioner LG Electronics Indonesia.

Dual Cool series merupakan penamaan LG bagi lini produk AC inverter miliknya. Perdana diperkenalkan pada 2017 lalu, AC inverter LG Dual Cool series hadir mendobrak stagnasi pasar AC inverter.  Bila sebelumnya AC inverter hanya tersedia dengan kapasitas besar, AC LG Dual Cool series tersedia dalam berbagai pilihan kapasitas mulai dari ½ PK, 1 PK, 1 ½ PK hingga 2 PK.

Inilah yang kemudian, menurut Daehyun Kim, membuat AC inverter LG ini menuai respon positif dari masyarakat. Tak hanya dilihat dari penguasaan LG akan pangsa pasar AC inverter yang mencapai 72,5% lebih dari itu, keluasan opsi AC LG Dual Cool series ini dikatakan mendorong pertumbuhan pengguna AC inverter di Indonesia.

Pernyataan ini merujuk data GfK (Growth from Knowledge) yang menyebut terjadinya lompatan besar sebaran AC inverter di Indonesia sepanjang 2017. Bila di tahun 2016 jumlah AC inverter mencapai kisaran 54.000 unit, pada sepanjang tahun 2017 angka sebarannya mencapai 177.000. Maka dengan itu, adanya growth yang besar dari 2016 ke 2017, LG Yakin bisa lebih tumbuh besar di tahun 2018 dengan LG Dual Cool Inverter.

Lompatan besar ini menurutnya menunjukkan besarnya keinginan masyarakat pada pemilikan AC inverter yang lebih hemat listrik. “Menjadi pendorong LG untuk kembali berinovasi dengan AC Dual Cool Series terbaru di tahun ini. Lebih hemat, lebih nyaman dan lebih pintar yang membuatnya sesuai dengan gaya hidup modern,” ujar Dimas Raditya, Product Marketing Residential AC LG Electronics Indonesia.

AC LG

Dikatakan lebih hemat karena LG menerapkan kompresor khusus bertajuk LG Dual Inverter Compressor. Kata Dual ini merujuk pada terapan dua putaran roda dalam satu tuas kompresor AC inverter ini. Uniknya kerja kompresor Dual Inverter ini memberi jangkauan frekuensi operasi yang lebih luas bila dibandingkan dengan AC konvensional.

Bila jangkauan frekuensi AC konvensional terbentang dari 20Hz hingga 100Hz, kompresor Dual Inverter membuat AC Dual Cool Series memiliki jangkauan operasi 10Hz hingga 120Hz. Nilai bawah lebih rendah pada jangkauan frekuensi inilah yang membuatnya mampu beroperasi lebih hemat listrik. Sementara kemampuannya menjangkau frekuensi hingga 120Hz memberikannya kemampuan dalam kecepatan pendinginan.

Pengujian dari TUV Rheinland melakukan verifikasi pendinginan cepat dan tingkat hemat energy. Inverter ini lebih hemat listrik hingga 70%dan 40% lebih cepat dalam pendinginan. “Konsumsi listrik lebih rendah dari sebelumnya, namun memberi kenyamanan lebih tinggi dengan proses pendinginan lebih cepat,” ujar Dimas Raditya.

Yang membuatnya lebih istimewa, kompresor AC inovatif ini diterapkan untuk seluruh varian AC inverter LG Dual Cool Series. Tak cuma varian tertinggi yaitu AC 2PK, namun juga menyentuh hingga kapasitas terendah yaitu AC ½ PK.

Keputusan ini dibuat bukannya tanpa alasan kuat. Data pasar dari GFK menyebut AC kapasitas rendah ½ PK menjadi jumlah terbesar pemilikan AC di seluruh Indonesia sebesar 48,1%. “Penerapan teknologi AC inovatif pada varian AC paling populer di masyarakat, membuka peluang lebih besar pada setiap orang untuk beralih pada teknologi AC inverter yang terbukti lebih hemat listrik,” ujar Dimas Raditya.

Yang membuat AC inverter terbaru LG ini menjadi lebih unik, yang memiliki fitur SmartThinQ™ hadir pada Model Deluxe dari 1 & 2 PK dan model Smart untuk kapasitas 1.5 & 2 PK. Sesuai semangat namanya, keberadaan fitur ini menjadi jawaban LG atas dilema gaya hidup modern dengan mobiltas tinggi saat berbenturan dengan kebutuhan kendali perangkat elektronik di rumah untuk kenyamanan dalam penggunaan pribadi maupun bagi anggota keluarga.

Berbasis keterhubungan perangkat dengan wifi, teknologi SmartThinQ™  memungkinkan penggunanya melakukan berbagai perintah kendali jarak jauh untuk tiap unit air conditioner LG Dual Cool Series pada tiap ruang dalam rumah. Termasuk dalam kendali ini, mulai dari mengaktifkan maupun mematikan, kecepatan putar kipas, memastikan pengaturan suhu tiap ruang sesuai kebutuhan.

AC LG

Tak perlu pula banyak perangkat tambahan untuk memanfaatkan teknologi SmartThinQ™ ini. Penggunanya cukup menyiapkan wifi router sebagai pusat keterhubungan. Bila ini telah dipenuhi, yang perlu dilakukan mengunduh aplikasi SmartThinQ™ ini pada smartphone, baik berbasis Android maupun iOS.

Melalui aplikasi SmartThinQ™ ini pengguna dapat memilih pembatasan keterhubungan perangkat. Hal  ini memungkinkan kendali jarak jauh dilakukan dari beberapa smartphone anggota keluarga, maupun pembatasan perangkat AC yang dapat dikendalikan dari sebuah smartphone tertentu. “Memberi kemudahan pengaturan perangkat elektronik setiap saat dan pada setiap tempat merupakan perhatian LG pada sisi lebih detail dalam pengembangan AC LG Dual Cool Series untuk menjawab gaya hidup modern,” ujar Dimas Raditya.

Bersanding dengan seluruh inovasi ini, LG pun menaruh perhatian besar pada sisi ketahanan pakai AC terbarunya ini. Salah satunya pada penggunaan material tembaga pada bagian kondensornya. Tak hanya melapisi, tembaga ini menjadi material pembuat kondensornya.

LG menganggapnya penting mengingat kondensor sebagai pusat pertukaran aliran udara dan pendinginan AC ini letaknya berada di unit luar (outdoor) AC yang membuatnya rawan terhadap perubahan cuaca dan paparan material lain. Melengkapi penjagaannya pada bagian kondensor, LG menerapkan lapisan emas bertajuk Gold Fin yang telah dipatenkan memiliki kemampuan anti karat.

Melengkapi perhatiannya pada sisi ketahanan pakai, LG memberikan garansi hingga 10 tahun khusus bagi kompresor Dual Inverter yang menjadi penggerak AC ini. Sementara untuk bagian PCB sebagai tempat rangkaian pusat pengatur aliran listrik, AC LG Dual Cool Series ini memiliki garansi hingga dua tahun.

Berbagai inovasi dengan tambahan kepintaran yang terbalut apik dalam jaminan perusahaan pada ketahanan penggunaannya, membuat LG optimis AC terbarunya ini bakal mudah mendapat perhatian masyarakat. Ditambah lagi, ketersediaannya yang terbentang hingga varian kapasitas paling rendah yaitu ½ PK. “Inilah solusi AC inverter bagi gaya hidup modern. Yang membuat hemat lebih mudah dengan cara lebih nyaman,” ujar Daehyun Kim.

Share Article :
POP