News Release

LG Siap Ekspansi Dengan Teknologi Inverter

Perangkat Berteknologi Inverter

Jakarta 11 April 2017 – Mengawali langkahnya di kuartal kedua tahun ini, PT. LG Electronics Indonesia menyatakan kesiapan perusahaan menghadirkan ragam perangkat elektronik rumah tangga berbasis inverter. Berbagai inovasi pun dibenamkan dalam koleksi besar yang tersebar dari AC, lemari es, mesin cuci hingga perangkat masak elektronik micro wave oven. Kehadiran koleksi ini dikatakan sekaligus menandai fokus perusahaan tahun ini yang bakal lebih ekspansif dalam pemasaran perangkat elektronik rumah tangga berbasis inverter.

Pilihan ini dibuat tak lepas dari keunggulan teknologi ini yang telah terbukti dan diakui lebih hemat listrik. Sementara di sisi lain, Langkah LG ini menurutnya sekaligus menjadi bentuk dukungan perusahaan terhadap kampanye hemat energi yang telah diinisiasi pemerintah Indonesia. Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pemerintah telah menjalankan kampanye besar bertajuk Potong 10% sebagai gerakan yang bertujuan memperluas kesadaran terkait perilaku hemat energi.

“Dunia sedang bergerak menuju teknologi yang lebih baik dan ramah lingkungan. Sebagai perusahaan yang telah menjadi bagian dari komunitas Indonesia sepanjang 26 tahun, menjadi kewajiban kami untuk lebih berperan aktif dalam perubahan ini melalui penyediaan perangkat elektronik berbasis inverter,” ujar Jaeyoung Lee, Presiden Direktur PT. LG Electronics Indonesia.

Pemanfaatan teknologi inverter sebenarnya memang bukan hal baru bagi LG. Bahkan pabrikan perangkat elektronik konsumer berbasis di Korea Selatan ini termasuk rajin mempromosikan teknologi ini pada beberapa tahun belakangan di Indonesia.Namun demikian, LG menyadari dengan hanya menawarkan penggunaan listrik lebih hemat ternyata tak cukup menarik perhatian orang berpindah pada teknologi ini.

Hal inilah yang menurut Jaeyoung Lee membuat koleksi perangkat elektronik rumah tangga inverter LG pada tahun ini menjadi istimewa. Berbagai inovasi disematkan yang mengoptimalkan kerja hemat listrik dari teknologi inverter. Tak hanya itu, LG pun dikatakannya melengkapi keseluruhan koleksi ini dengan fitur pendukung kesehatan untuk memperkuat keberadaannya sebagai penunjang gaya hidup modern yang lebih peduli kesehatan. “Keseluruhan koleksi ini menggambarkan keberhasilan sekaligus visi besar perusahaan membawa aplikasi teknologi inverter pada tingkatan lebih tinggi,” ujar Jaeyoung Lee lagi.

AC LG Dual Cool Series: AC Inverter Dengan Dua Keunggulan Untuk Segala Kebutuhan

Kehadiran AC LG Dual Cool Series dimaksudkan mendobrak pandangan masyarakat yang cenderung melihat AC inverter hanya diperuntukkan bagi kalangan tertentu Hal ini tak lepas dari ketersediaan AC inverter di pasaran yang memang selama ini terbatas pada jenis dengan peruntukkan bagi ruang berkapasitas besar. Padahal, AC inverter awalnya hadir sebagai inovasi bagi penyejuk ruangan yang hemat listrik namun tetap memberikan proses pendinginan lebih cepat.

Diperkenalkan di Indonesia, AC LG Dual Cool series akan menjadi AC inverter pertama dengan pilihan kapasitas pendinginan paling luas mulai dari ½ PK, ¾ PK, 1PK, 1 ½ PK hingga 2 PK. “Keberadaan AC LG Dual Cool Series menjadi jawaban LG bagi keluarga Indonesia yang menginginkan AC inverter yang sesuai dengan kapasitas berbagai ruang dalam rumah,” ujar Arief Sasono Aji, Product Marketing Head Residential AC PT LG Electronics Indonesia.

Memastikannya tak sekedar hadir sebagai AC inverter, AC LG Dual Cool Series hadir dengan membawa dua keunggulan utama yaitu Jet Cool dan Multi Watt Option.Melalui benaman keduanya, AC LG Dual Cool Series dikatakan dapat menawarkan proses pendinginan yang lebih cepat hingga 30% dan 70% lebih hemat listrik ketimbang AC konvensional.

Terlahir sebagai AC inverter, kecepatan mencapai suhu ruang yg diinginkan sejatinya telah dimiliki AC LG terbaru ini. Namun keberadaan fitur Jet Cool membuat pengguna dapat lebih mempersingkat proses pendinginan ruang. Cukup menekan satu tombol pada remote control, akan membuat AC LG ini menyemburkan suhu 16 derajat sepanjang 30 menit sebelum mempertahankannya pada suhu yang diinginkan.

Sementara Multi Watt Option, tersirat dari namanya, fitur ini membuat sebuah unit AC LG Dual Cool Series dapat dioperasikan dalam empat opsi besaran daya listrik. Ketersediaannya memberikan kemudahan dan fleksibilitas lebih bagi pengguna untuk semakin mengatur asupan listrik menyesuaikan kebutuhan dengan pertimbangan temperatur lingkungan sekitar dan beban ruang melalui kendali remote control.

Saat temperatur lingkungan sekitar cenderung sejuk atau dalam ruang hanya berisi beberapa orang misalnya, pengguna dapat menekan tombol Multi Watt Option satu kali untuk membuat AC LG Dual Cool Series bekerja hanya dengan daya listrik 80%. Pengurangan daya listrik ini dapat diatur semakin rendah lagi dengan pertimbangan menyesuaikan perubahan hawa yang melingkupi ruang tempatnya terpasang. Untuk konsumsi listrik paling rendah, AC LG Dual Cool Series mampu menekan penggunaan daya listrik saat pengoperasian hingga mencapai 40%. “Kolaborasi kedua fitur ini memberi keuntungan pemilik tetap dapat menikmati kesejukan AC tanpa harus mengorbankan aktivitas lain yang juga membutuhkan daya listrik tak sedikit,” ujar Arief lagi.

Lebih lanjut ia memberi gambaran dengan kepemilikan AC LG Dual Cool Series berkapasitas 1 PK dengan daya listrik 800 Watt. Cukup dengan mengaktifkan Jet Cool, AC akan menyejukkan ruang hingga 18 derajat sepanjang 30 menit. Setelahnya, pemilik dapat menggunakan fitur Multi Watt Option untuk menurunkan kebutuhan listrik pengoperasian AC ini. Pengaturan kerja dengan 80% daya listrik akan membuat pengguna menghemat daya 160 Watt yang dapat digunakan bagi kegiatan lain seperti menyetrika. Dengan pengaturan pengoperasian daya listrik 40%, daya yang dihemat bagi penggunaan aktivitas lain bahkan dapat mencapai 480 Watt. “Konsep yang mengoptimalkan kerja hemat listrik dengan meletakkan kendali di tangan pengguna dan tanpa mengorbankan kenyamanannya inilah yang menjadikan AC LG Dual Cool Series sebagai terobosan dalam kategori AC inverter,” ujar Arief.

Menyertai keunggulannya ini, LG memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna dengan garansi hingga 10 tahun bagi kompresornya dan tambahan perlindungan satu tahun bagi unit PCB. Bagian unit outdoor seluruh lini AC LG Dual Cool Series ini dilapisi teknologi anti-karat yang membuatnya lebih tahan terhadap kemungkinan kerusakan akibat perubahan cuaca. LG pun membenamkan low refrigerant detector yang bekerja otomatis memberi sinyal kepada pengguna bila terjadi penurunan refrigerant untuk reaksi lebih cepat dari kemungkinan terjadi kebocoran.

Disamping perbedaan kapasitas pendinginan, AC LG Dual Cool Series terbagi dalam tiga varian utama dengan kelengkapan fitur penjaga kesehatan yang lebih beragam. Ketiganya yaitu Eco, Smart dan Deluxe. Filter anti bakteri terdapat di seri Eco dan Smart, sementara MicroDust filter untuk menangkap partikel kecil yang dapat merugikan kesehatan ada di seri Eco kapasitas 1 ½ PK dan 2PK. Bila kerja hemat listrik dengan fitur penjaga kesehatan paling lengkap yang dicari, LG menyediakan varian Deluxe.

Pada varian ini, terdapat tambahan fiturionizer yang melepaskan berbagai ion untuk mengikat dan melumpuhkan zat berbahaya dan fiturskincare. Sesuai namanya, fitur ini berguna perlindungan pada kulit dengan memanfaatkan ion untuk memberikan kelembaban pada kulit penggunanya.

LG InstaView Door-in-Door™:

Pada deretan lemari es, inovasi teknologi Inverter teraplikasi pada kompresor berdesain khusus yang dinamai LG Smart Inverter Compressor. Keunikan kompresor ini ada pada pengoperasian yang bertumpu pada satu tuas penggerak. Hal ini berbeda dengan kompresor konvensional yang memiliki empat bagian saling bergantung dalam pengoperasiannya.

Desain unik ini merupakan inovasi LG untuk mengoptimalkan kerja hemat listrik dari teknologi inverter sebagai basis teknologi kompresornya ini. Keuntungan ini didapat dari minimalnya gesekan antar bagian kompresor menjadi satu titik gesek dibanding kompresor konvensional dengan empat bagian yang membuatnya memiliki empat titik gesek. Dengan titik gesek lebih sedikit membuat energi yang dibutuhkan kompresor Smart Inverter lebih kecil. Keuntungan lainnya, minimalnya gesekan antar bagian menjadi hanya satu titik gesekan mengurangi tingkat kebisingan saat pengoperasian.

Tak sekedar klaim, berbagai manfaat ini telah melalui pengujian dari lembaga uji skala global berbasis di Jerman yang menjadi rujukan standar industri elektronik yaitu VDE Verband der Elektrotechnik, Elektronik und Informationstechnik.Untuk kemampuan menghemat energi, hasil uji perbandingan VDE menyatakan, LG Smart Inverter Compressor mampu menghemat asupan listrik hingga 32%. Pengujian tersebut juga mengungkap kompresor ini mampu mengurangi kebisingan dalam pengoperasian hingga 25% lebih baik dibanding kompresor konvensional.

Seriusnya LG menciptakan lemari es hemat listrik yang sesuai dengan gaya hidup modern tak berhenti sampai di situ. Penamaan LG InstaView Door-in-Door justru dipilih mewakili inovasi LG untuk menekan konsumsi listrik lemari es ini sepanjang pemakaiannya. Sebutan InstaView merujuk pada kemampuan lemari es ini yang membuat pengguna dapat cepat melihat isi dalam lemari es bahkan tanpa harus membuka pintunya.

Bentuknya berupa penggunaan panel sentuh LCD berbentang 29 inch pada salah satu bilah pintunya. Pada kondisi normal, layar ini seakan tak terlihat menyatu dengan desain keseluruhan. Namun, ketukan tangan dua kali akan mengaktifkan layar ini yang membuat pengguna dapat melihat langsung berbagai bahan makanan dalam kabin simpan lemari es tanpa harus membuka pintunya.

Bukannya tanpa alasan kuat bagi LG untuk mengembangkan fitur ini. Sebuah riset yang dilakukannya pada rumah tangga menemukan, setidaknya 32 kali orang membuka pintu lemari es tanpa alasan spesifik. Yang tak disadari, aktivitas yang membebaskan udara dingin dalam kabin lemari es ini membuat semakin besar kebutuhan listrik yang dibutuhkan kompresor untuk mengembalikan suhu semula dalam kabin lemari es.

Kerja hemat listrik pada lemari es ini semakin optimal dengan teknologi Door-in-Door™ yang mewujud dalam keberadaan kompartemen tersembunyi yang terletak pada salah satu bilah pintunya. Dikatakan tersembunyi karena letak kompartemen ini bak pintu rahasia dengan dimensi lebih kecil yang berada di lapis dalam bilah pintu utamanya. Untuk mengaksesnya, LG menyediakan tombol yang terletak pada bagian bawah bilah pintu ini.

Tambahan kompartemen ini tentu saja memberi ruang simpan lebih lega dibanding lemari es lainnya. Apalagi, LG pun memanfaatkan bidang pada lapisan dalam pintu utama ini sebagai ‘kantong’ penyimpanan tambahan. “Seluruh tambahan ruang simpan ini didesain sebagai tempat menaruh berbagai bahan makanan maupun minuman yang seringkali dibutuhkan pengguna dan membuatnya seringkali membuka pintu lemari es,” ujar Rassya Karlita, Product Marketing Head Home Appliances LG Electronics Indonesia.

Disamping kenyamanan yang ditawarkan dari semakin leganya ruang simpan, pintu rahasia ini dibuat sebagai upaya LG memperkuat kemampuan hemat energi lemari es terbarunya ini. Pengguna tak perlu membuka keseluruhan pintu utama untuk sekedar mengambil berbagai bahan makanan atau minuman yang seringkali dibutuhkan. Dengan hanya membuka bagian kompartemen tersembunyi ini, memperkecil besarnya udara dingin yang terlepas dari dalam kabin lemari es.

Menjadikannya benar-benar sebagai lemari es yang sesuai bagi gaya hidup modern dengan mobilitas tinggi, LG memberikan sentuhan Intenet of Things pada LG InstaView Door-in-Door™. Melalui keterhubungan WiFi, penggunanya tetap dapat memiliki kendali atas lemari es ini meski berbeda lokasi via aplikasi LG SmartThinq di smartphone-nya. Kendali ini meliputi memonitor suhu maupun melakukan perubahan suhu dalam kabin lemari es ini. Selain itu, pengguna pun dapat memanfaatkannya untuk melakukan deteksi terhadap kemungkinan masalah dan solusi mengatasinya saat pengguna mendapatkan LG InstaView Door-in-Door™ tidak beroperasi dengan baik.

LG TwinWash: Revolusi Mesin Cuci Modern Yang Memberi Kenyamanan Dan Hemat Energi

Beralih ke ruang cuci, LG memperkenalkan LG TwinWash yang lahir sebagai solusi LG atas kebutuhan mesin cuci yang menjawab lengkap kebutuhan gaya hidup masyarakat modern. Dari riset perusahaan, mobilitas tinggi masyarakat modern membuat kegiatan mencuci cenderung dilakukan saat akhir pekan. Hal yang membuat mesin cuci kapasitas besar kian menjadi pilihan.

Drum cuci ekstra lega dipandang sebagai solusi pungkas mengatasi tumpukan pakaian kotor dalam satu kali pencucian. Selain hemat waktu dan energi, konsumsi air dan listrik secara keseluruhan akan lebih rendah karena tak perlu berulangkali mencuci. Namun dalam perjalanannya, mesin cuci tabung besar tak menyelesaikan seluruh soal. Perbedaan jenis bahan pakaian membutuhkan perawatan cuci berbedasehingga akhirnya pencucian tak dapat dilakukan sekali jadi.

Membongkar keadaan inilah LG TwinWash hadir dengan konsep baru dalam mencuci pakaian. Tersirat kuat pada namanya, LG TwinWash dilengkapi dengan tabung cuci ganda. Tabung utamanyaberkapasitas 21 kilogram, tabung pendamping yang tepat berada di bawahnya punya daya tampung 3.5 kilogram. Kedua tabung ini dapat dioperasikan salah satu, maupun secara bersamaan.

Bila tumpukan pakaian kotor dengan bahan yang tak perlu penanganan khusus terbilang besar, tabung utama dengan kapasitas lega menjadi pilihan. Namun saat berhadapan dengan pakaian kotor yang hanya beberapa helai atau pun bahan pakaian yang perlu perhatian khusus, pencucian dapat dilakukan dengan memanfaatkan tabung cuci di bawah yang berkapasitas lebih kecil. “Luasnya opsi mencuci, tak cuma mengoptimalkan penggunaan air dan listrik, namun juga memangkas kebutuhan waktu bagi mencuci pakaian. Hasilnya, pengguna memiliki lebih banyak waktu bagi kegiatan lain bersama keluarganya,” ujar Rassya Karlita.

Kerja pintar mesin cuci LG TwinWash dalam menghemat energi tak dapat dilepaskan dari inovasi motor penggerak LG Smart Inverter Motor. Berbeda dengan desain motor penggerak pada mesin cuci pabrikan lain yang menggunakan karet penghubung untuk memutar tabung pencucian, LG Smart Inverter Motor justru diletakkan melekat langsung terhubung dengan tabung. Hasil pengembangan LG pada motor penggerak mesin cuci inverter ini menciptakan banyak manfaat.

Pertama, kerja terintegrasi antara tabung dan motor membuat gerak lebih stabil. Dengan memanfaatkan hal ini, LG mengembangkan mode gerak pencucian yang berbeda dalam fitur 6 Motion Direct Drive Technology. Penamaan 6 motion merujuk pada enam variasi gerakan pencucian yang inspirasinya mengambil dari gerakan pencucian pakaian dengan menggunakan tangan. Pemilik dapat sekaligus memilih menggunakan enam variasi cara pencucian ini secara bersamaan, atau cukup memilih salah satunya dengan menyesuaikan kebutuhan dan variasi bahan pakaian.

Keuntungan berikutnya ada pada minimalnya gesekan antar bagian karena motor melekat pada tabung yang membuatnya mampu menekan kebutuhan energi. Ketiadaan karet penghubung membuat mesin cuci ini juga minim getaran. Otomatis bunyi yang dikeluarkan selama pengoperasian pun menjadi lebih halus, yaitu hanya sekitar 50 DB (decibels). Sebagai informasi, tingkatan kebisingan suara ini sejajar dengan kesunyian sebuah ruang perpustakaan. “Minim getaran dan bunyi sama artinya dengan peningkatan ketahanan pakai lebih baik,” ujar Rassya Karlita.

Melengkapi kecanggihan LG TwinWash dengan berbagai teknologi True Steam yang memanfaatkan uap panas untuk tiga kebutuhan. Selain memastikan cucian terlepas dari berbagai hal yang dapat mengganggu kesehatan dan menyegarkan pakaian, sematan teknologi ini juga berguna untuk kebutuhan melembutkan hasil cucian seperti bahan handuk.

Yang membuatnya semakin canggih, LG pun menciptakan aplikasi khusus untuk mendukung kerja mesin cuci LG Twin Wash. Sebagai bagian dari proyek Internet of Things, menginstal aplikasi ini di smartphone akan memberi tiga keuntungan pendukung kerja mesin cuci LG TwinWash. Pertama, dengan memanfaatkan wifi, berfungsi sebagai remote control yang dapat mengaktifkan pencucian dari jarak jauh. Dengan pengaturan waktu tepat akan membuat LG Twin Wash telah menyelesaikan cucian saat pengguna tiba di rumah. LG pun secara kontinyu memberikan mode pencucian baru bagi lebih banyak bahan pakaian yang dapat diunduh untuk melengkapi kerja mesin cuci LG Twin Wash sesuai kebutuhan khusus pengguna yang berbeda. Termasuk diantaranya, mode pencucian untuk pakaian bayi yang membutuhkan penanganan khusus, namun tak dibutuhkan seluruh pengguna.

Disamping itu, melalui aplikasi ini, pengguna dapat melakukan deteksi pada gangguan yang mungkin terjadi pada mesin cuci LG TwinWash. Caranya cukup dengan mengaktifkan aplikasi SmartThinq dan menu Smart Diagnosis pada mesin cuci, kemudian yang perlu dilakukan hanya mendekatkan smartphone pada sisi mesin cuci LG TwinWash yang ditentukan. Sejenak kemudian, layar smartphone akan memberikan hasil analisis gangguan yang terjadi pada mesin cuci LG TwinWash dan rekomendasi solusi. Dengan adanya Smart Diagnosis, pengguna tak perlu lagi setiap saat menunggu tenaga teknisi untuk memeriksa kemungkinan gangguan pada mesin cuci yang mungkin dapat diatasi sendiri dengan mudah.

LG NeoChef

Membawa kombinasi desain minimalis dan teknologi inverter, LG NeoChef disiapkan LG menjadi oven gelombang mikro (microwave oven) yang menjawab kebutuhan masyarakat akan masakan sehat di tengah mobilitasnya yang tinggi. Desain elegan dengan permukaan depan menggunakan panel utuh dari bahan tempered glass dengan sentuhan matte pada bagian eksteriornya membuat LG NeoChef dapat tampil menyatu dengan dekorasi keseluruhan dari dapur modern.

Disamping lebih hemat listrik, keberhasilan LG mengembangkan teknologi inverter sebagai motor utama microwave oven ini member manfaat pada pengaturan panas lebih baik saat proses pemasakan. Keuntungan pertamanya, teknologi inverter pada LG NeoChef mampu memberikan panas lebih merata pada saat proses menghangatkan kembali maupun proses defrost. Hasilnya, tak akan ditemui lagi bahan makanan dari lemari es yang menjalani proses defrost di microwave masih membeku di bagian tengah.

Keuntungan berikutnya dari terapan pengembangan teknologi inverter pada microwave oven ini ada pada fleksibilitas tinggi bagi pengguna untuk memilih tingkat daya yang digunakan. Pengguna dapat memulai proses pemasakan dengan mengatur pada tingkat daya tertentu untuk kemudian mengubahnya, baik menurunkan atau menaikkannya, di tengah proses pemasakan bergantung pada opsi pemasakan yang dipilih.

Fleksibilitas ini membuat LG NeoChef dapat menangani rentang makanan yang lebih luas seperti membuat yoghurt, melting chocolate atau pun sekedar membuat pop corn. Bahkan, pengguna LG NeoChef dapat memanfaatkannya untuk melakukan pemasakan dalam mode air fry yang lebih sehat disbanding dengan proses menggoreng dengan deep fryer. “Fleksibilitas LG NeoChef menyederhanakan dapur penggunanya. Cukup satu perangkat untuk membuat berbagai kreasi makanan dengan mudah dan cepat,” ujar Rassya Karlita.

Memastikan perangkat LG NeoChef terhindar dari berbagai material merugikan maupun bakteri yang mungkin dapat tercampur denganmakanan, LG melapisi bagian dalam tungku gelombang mikro ini dengan Anti-Bacterial EasyClean. Selain memiliki kemampuan mengeliminasi kemungkinan adanya bakteri hingga 99.99%, lapisan pelindung ini juga sangat mudah untuk dibersihkan.

Detail kecil pun menjadi perhatian LG dalam mengembangkan LG NeoChef. Salah satunya dapat dilihat dari desain piringan yang menjadi alas tempat bahan makanan dalam tungku. LG mengembangkan desain dengan enam titik pendukung. Berguna memberikan kestabilan lebih baik dan mencegah kemungkinan bahan makanan tertumpah yang biasa terjadi akibat dari peletakan container tidak tepat di tengah piringan.

Upaya LG menekan penggunaan listrik pada LG NeoChef pun menyentuh pada pilihan penggunaan lampu LED untuk pencahayaan bagian dalam tungku. Disamping lebih hematl istrik, lampu LED ini juga member tingkat kecerahan tiga kali lipat lebih baik di banding dengan jenis lampu sebelumnya.

Lebih lanjut Jaeyoung Lee menyatakan, LG optimis keseluruhan inovasi yang melengkapi teknologi inverter pada berbagai perangkat elektronik rumah tangga terbarunya ini akan mendapat respon baik di masyarakat Indonesia. “Kami percaya, padunya teknologi inverter LG sebagai dengan berbagai inovasi yang membuatnya sesuai dengan gaya hidup modern akan membuat perangkat elektronik rumah tangga berteknologi inverter LG ini lebih cepat diterima masyarakat Indonesia,” ujar Jaeyoung Lee lagi.

Kecepatan masyarakat untuk mengadopsi perangkat elektronik rumah tangga berteknologi inverter ini menurutnya memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat. “Dana yang tercipta dari penghematan listrik yang dilakukan dalam jangka waktu tertentu dapat dialihkan bagi kebutuhan yang menunjang peningkatan kualitas hidup. Inilah visi yang kami bawa melalui koleksi LG Inverter ini. Teknologi inverter LG untuk kualitas hidup lebih baik,” ujar Jaeyoung Lee.

Share Article :