News Release

LG G4: Smartphone LG Paling Ambisius

LG G4

Singapura, 29 April – Setelah lama menjadi perbincangan, akhirnya LG Electronics (LG) secara resmi memperkenalkan LG G4, smartphone premium terbarunya, ke hadapan publik. Berlangsung serentak di enam kota besar di dunia, sekitar 1,000 tamu menjadi saksi pertama kemunculan resmi LG G4 yang menjadi penerus LG G3 tersebut. Selain Seoul yang menjadi ibukota negara pembuatnya, New York, London, Paris, Istanbul dan Singapura menjadi kelompok kota menandai awal kemunculan smartphone ini.

“Kelahiran LG G4 merupakan bagian dari pemenuhan visi besar LG yaitu memberikan inovasi untuk kehidupan yang lebih baik (Innovation for better life). Melalui LG G4, kami menampilkannya dengan lebih fashionable. Sebuah smartphone premium yang memberikan fokus lebih pada keseimbangan pengalaman penggunaan yang mengesankan,” ujar Juno Cho, Presiden dan CEO LG Electronics Mobile Communications Company.

Lebih lanjut ia menyatakan, pengembangan LG G4 dilandaskan pada tiga hal besar. Yaitu kenyamanan nan elegan, pengalaman visual hebat dan pengalaman penggunaan yang lebih bersahabat. Hal ini hadir melalui kamera dengan aperture F 1.8, yang membuatnya mampu menangkap 80% tambahan cahaya pada sensor kameranya ketimbang LG G3. Modul kamera inovatif ini terhubung dengan panel layar IPS Quantum Display yang memberi tingkat pewarnaan lebih baik ketimbang Quad HD display.

Melengkapinya, desain keseluruhan LG G4 dikembangkan dengan sensitivitas tinggi untuk menyesuaikan dengan tubuh manusia yang terlihat melalui terapan desain lengkung membujur menyesuaikan dengan genggaman dan grafis pada lapisan antar mukanya. “Keseluruhan pengembangan ini menjadikan LG G4 sebagai smartphone paling ambisius yang pernah kami buat,” ujar Juno Cho.

Desain Nyaman nan Elegan

LG G4LG memberi atensi spesial pada material yang digunakan smartphone terbarunya ini. LG G4 menggunakan material kulit asli sebagai bagian bahan pembangun bodi belakangnya yang tersedia dalam enam pilihan warna. Proses penyamakannya sendiri merupakan bagian tradisi kuno yang membutuhkan pengrajin terampil hingga sampai pewarnaannya. Variasi warna yang digunakan LG G4 merupakan warna-warna hangat yang terlihat otentik dan tak lekang waktu. Yang paling penting, proses penyamakan nabati ini merupakan proses yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang dengan mudah karena tak menggunakan bahan kimia apapun. Pilihan sentuhan lain pun tersedia bagi penutup belakangnya termasuk kesan penggunaan keramik putih dengan pola 3D, yang menimbulkan kesan metal cemerlang dan warna emas gemilang.

Dengan bentuk Slim Arc yang menyerupai bangun desain bahtera dan lekuk halus keseluruhan bodinya, LG G4 memberi angin segar pada desain kebanyakan smartphone yang tampil dengan full metal dan datar. Lebih dari sekedar aksen pada desain, bentuk Slim Arc ini menawarkan tingkat ketahan lebih tinggi yaitu 20% ketimbang smartphone berdesain datar ketika terjatuh dengan layar menimpa bidang datar. Disisi lain, lekuk ini memberi kenyamanan dan genggaman lebih aman pada tangan.

Desain bodinya juga tercermin dalam antarmukanya yang simpel dengan grafis intuitif. Dalam LG, setiap ikon hadir dengan warna lebih hidup dan sudut membulat yang konsisten dengan desain Slim Arc tadi. Lebih dari itu, keberadaan Smart Notice di dalamnya juga bakal secara otomatis mengubah background dan warna teks mengikuti perubahan desain home screen pilihan pengguna.

Pengalaman Visual Yang Mengagumkan

Sektor kamera menjadi perhatian besar LG dalam membangun LG G4. Benaman kamera dengan sensor 16MP dirancang benar untuk menghasilkan gambar terbaik meski dalam kondisi kurang pencahayaan. Dengan aperture F1.8 membuatnya mampu menangkap cahaya lebih banyak. Superioritas kamera ini semakin menjadi dengan adanya Optical Image Stabilization 2.0. Merupakan pengembangan dari fitur serupa yang diperkenalkan dalam seri smartphone sebelumnya, keberadaannya memperluas derajat untuk menciptakan hasil foto terbaik dari kemungkinan goncangan pada saat pengambilan gambar.

Tersedia pula Manual Mode yang memberikan keleluasaan pengguna untuk menghasilkan gambar lebih artistik melalui pengaturan fokus, kecepatan rana, ISO, exposure hingga White Balance. Foto pun dapat disimpan dalam format RAW, disamping JPEG, untuk proses edit lebih cepat tanpa kehilangan detail.

Kecanggihan kamera semakin mantap dengan kelengkapan Color Spectrum Sensor (CSS). Ini merupakan fitur pertama dari jenisnya yang diterapkan pada sebuah smartphone. CSS meningkatkan akurasi warna dengan membaca nilai RGB dengan cermat dan nuansa pencahayaan dari refleksi cahaya infra merah yang dipantulkan dari objek. CSS akan menggunakan informasi ini untuk menyesuaikan white balance pada kamera untuk mendukungnya menghasilkan gambar dalam warna yang sangat mendekati aslinya. Dengan CSS di dalamnya, tak akan ditemui lagi kesan salah warna seperti merah yang tampil lebih menyerupai warna oranye terang ataupun warna putih yang terbaca sebagai kuning kusam.

Kamera depan dengan sensor 8MP pada LG G4 akan sangat cocok untuk kegiatan selfie. Apalagi dengan dukungan Gesture Interval Shot. Fitur ini membuat kamera akan melakukan empat kali pengambilan gambar otomatis dengan jarak per dua detiknya. Dengan pilihan hasil foto lebih banyak, memudahkan pengguna untuk memilih yang terbaik diantaranya bagi koleksi. Perintah pengambilan gambar pun semakin mudah cukup dengan melakukan gerakan membuka dan menutup salah satu telapak tangan dua kali di depan kamera.

Sementara untuk bagian layarnya, pengalaman visual mengagumkan lahir melalui langkah LG melakukan lompatan besar dengan menjadi smartphone pertama yang menggunakan panel IPS Quantum Display 5.5inch. Terapan panel baru dari LG Display ini menawarkan reproduksi warna 20% lebih besar, peningkatan 25% kecerahan dan kontras yang 50% lebih tinggi. Panel ini sekaligus merupakan panel beresolusi Quad HD pertama yang menggunakan Advanced In-Cell Touch (AIT) yang mengkombinasikan LCD dan sensor sentuh pada satu lapisan untuk menghasilkan reproduksi warna dan sensitivitas sentuhan lebih baik. Panel ini pun telah dikalibrasi dengan standar DCI (Digital Cinema Initiatives) untuk menghasilkan ekspresi warna lebih baik seperti yang biasa dimiliki berbagai studio kenamaan di Hollywood.

Tenaga dan Performa

Meski hadir dengan kualitas tinggi pada layarnya, tak akan sampai mengorbankan masa pakai baterai. Menjamin sokongan daya tersedia prima, pada tubuh LG G4 tertanam baterai berkapasitas 3,000mAh. Apalagi, LG memilih menggunakan prosesor Qualcomm Snapdrafon 808 dengan X10 LTE yang memiliki karakteristik pada kecepatan lebih tinggi dengan asupan daya lebih hemat energi pada LG G4. Hasil pengukuran yang dilakukan menunjukkan LG G4 memiliki 20% lebih panjang dalam waktu penggunaan dibanding LG G3 yang memiliki kapasitas baterai sama.

Pengalaman Penggunaan Yang Lebih Mengerti Penggunanya

Untuk memberi pengalaman penggunaan yang lebih manusiawi, LG G4 dipersenjatai dengan LG UX 4.0. UX terbaru LG ini dikatakan menjanjikan penggunaan lebih sederhana dan intuitif yang lebih mudah dimengerti pengguna dengan karakter berbeda. Di satu sisi memangkas beberapa langkah yang biasanya harus dilakukan pengguna untuk mengakses fitur-fitur di dalamnya, namun di sisi lain memberikan opsi konfigurasi lebih banyak untuk memenuhi kebutuhan pengguna dengan karakter lainnya.

  • Quick Shot – memungkinkan pengguna untuk melakukan pengambilan foto tanpa membuka aplikasi kamera. Cukup dengan dua kali sentuhan pada tombol di belakang tubuhnya saat layar dalam keadaan tak aktif. LG G4 juga memiliki waktu pengambilan foto lebih cepat yaitu enam persepuluh detik.
  • Gallery – menempatkan seluruh koleksi foto dalam satu tampilan yang memberi kemudahan pengguna untuk mencari diantara ribuan koleksi foto yang tersimpan didalamnya. Lengkap pula dengan fitur Memories yang secara otomatis akan menyusun dan mengelompokkan foto atau video dalam album berbeda berdasarkan waktu dan lokasi pengambilan gambar.
  • Event Pocket – memudahkan pengguna untuk menyusun jadwal pribadinya cukup dengan menggeser dan menaruh berbagai catatan atau pun rencana aktivitas yang berasal dari berbagai kalender kegiatan maupun akun social media. Setelah pengaturan pertama, tak perlu lagi mengakses pada berbagai aplikasi untuk melihat keseluruhan rencana aktivitas yang bakal dilakukan
  • Smart Notice – membawa pengembangan dari generasi sebelumnya dengan berbagai personalisasi seperti cuaca, perjalanan serta dapat memberikan informasi penting hasil dari analisis pada kebiasaan pengguna. Seluruh analisis ini akan digabung untuk memberikan informasi yang ditampilkan dengan lebih personal. Sebagai contoh, Smart Notice bakal menampilkan pesan “Make sure to take an umbrella on your way to the subway”
  • Quick Help – memberi kemudahan pengguna untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaan yang berhubungan dengan penggunaan LG G4.

Disamping itu, LG juga mengembangkan kemitraan demi meningkatkan pengalaman penggunaan secara keseluruhan dari LG G4. Disamping Google Office yang tersedia secara pre-install, setiap pemilik LG G4 akan memiliki tambahan kapasitas penyimpanan sebesar 100GB dari Google Drive sepanjang dua tahun. Dengan MirrorLink dan LG G4, pengguna Volkswagen akan mendapatkan tampilan layar yang lebih pas saat penggunaan dalam mobil dengan integrasi penuh pada buku telepon, navigasi dan musik.

Spesifikasi Utama:

  • Chipset: Qualcomm®Snapdragon™ 808 Processor with X10 LTE
  • Display: 5.5-inch Quad HD IPS Quantum Display (2560 x 1440, 538ppi)
  • Memory: 32GB eMMC ROM, 3GB LPDDR3 RAM / microSD slot
  • Camera: Rear 16MP with F1.8 Aperture / OIS 2.0 / Front 8MP with F2.0 Aperture
  • Battery: 3,000mAh (removable)
  • Operating System: Android 5.1 Lollipop
  • Size: 148.9 x 76.1 x 3 – 9.8mm
  • Weight: 155g
  • Network: 4G / LTE / HSPA+ 21 Mbps (3G)
  • Connectivity: Wi-Fi 802.11 a, b, g, n, ac / Bluetooth 4.1LE / NFC / USB 2.0
  • Colors: [Ceramic]Metallic Gray / Ceramic White / Shiny Gold / [Genuine Leather]Black / Brown / Red / Sky Blue / Beige / Yellow
  • Other: Manual Mode / Gesture Interval Shot / Quick Shot

*** spesifikasi dapat berbeda bergantung pada masing-masing negara

Share Article :
POP